Bisa Dipercaya

Pemuda Penentu Perubahan Indonesia

picsart_1477633260552Palembang – Jumat (28/10), Bangsa Indonesia memperingatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) sebagai upaya mengingatkan bangsa akan sejarah perjuangan seluruh elemen pemuda Indonesia.

Pada peringatan upacara HSP ke-88 tahun 2016 mengusung tema  ‘Pemuda Indonesia Menatap Dunia’ yang dilaksanakan di lapangan kantor Gubernur Sumatera Selatan, dipimpin langsung Wakil Gubernur H Ishak Mekki.

Menurut Wagub Sumsel Ishak Mekki, penghargaan dan hormat kepada Bung Karno sebagai Bapak Bangsa dan tokoh pemuda masa itu, yang meneriakkan kalimat yang sangat terkenal.

Berita Sejenis
1 daripada 3.096

“Beri aku 1.000 orangtua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia,” ujarnya.

Ishak mengatakan, pertanyaan lainnya adalah apa relevansinya bonus demografi Indonesia dengan pidato Bung Karno tentang sepuluh pemuda mengguncang dunia itu.

“Jika kita merenung dan merefleksikan pidato Bung Karno, bahwa Bung Karno hanya membutuhkan pemuda-pemudi unggul yang memiliki kualitas dan visi yang besar dalam menatap dunia,” jelasnya.

Beberapa waktu yang lalu, Indonesia berhasil mengantarkan seorang Pemuda Indonesia usia 23 tahun bernama Rio Haryanto ke level tertinggi balap mobil internasional F1. Lalu tradisi emas di ajang Olimpiade Rio de Jeneiro Brasil melalui cabang olahraga bulutangkis. Semua orangpun tahu peraih medali emas itu adalah Owi-Butet, anak muda berusia 27 dan 30 tahun kemudian ada Joe Taslim, aktor muda yang berhasil mengguncang panggung Hollywood melalui Film Fast and Furious.

Hari ini adalah hari kebangkitan anak muda Indonesia. Dengan kemajuan teknologi, pemuda-pemuda Indonesia dari Sabang sampai Merauke terus bergerak memberikan sumbangsih pemikiran dan gagasannya untuk kesejahteraan dan kebesaran Bangsa Indonesia di mata dunia.

“Mari kita buktikan dalam sejarah Indonesia. Untuk kesekian kalinya pemuda Indonesia menjadi motor utama penentu perubahan Indonesia,”  pungkasnya.rel/reno