Bisa Dipercaya

Mau Jebak Hewan Malah Tetangga yang Meregang Nyawa

dscn1424Palembang-Lantaran hewan ternaknya sering disatroni hewan buas, Birman (53), warga Jalan Silaberanti Ujung, RT29/07, Kelurahan Silaberanti, Kecamatan Seberang Ulu (SU) I, Palembang, memasang kawat yang diberi arus listrik.

Naas, jebakan itu bukannya menjerat hewan buas, tetapi justru tetangganya Mashur (65) yang menjadi korban hingga tewas. Mashur tanpa sengaja memegang kawat yang sudah dialiri arus listrik tersebut, saat memperbaiki saluran air di dekat kandang kambing Birman.

Alhasil Birman harus mendekam di sel tahanan Mapolsek SU I Palembang guna mempertanggungjawabkan perbuatannya. Tersangka dijemput anggota Satreskrim Polsek SU I Palembang saat sedang berada di kediamannya usai kejadian naas tersebut.

Berita Sejenis
1 daripada 3.102

“Sudah setahun memasang setrum itu, karena hewan-hewan ternak saya sering hilang dimakan biawak atau musang. Jadi, untuk mencegah itu, saya kelilingi kawat dan diberi tegangan listrik,” ucap Birman saat gelar pekara di Polsek SU I Palembang, Kamis (27/10) sore.

Saat melihat korban terkapar terkena setrum yang dipasangnya, ia sempat mengangkat tubuh korban dan membawanya ke rumah. Akan tetapi, setelah mengetahui jika Mahsur meninggal dunia, Birman melarikan diri ke semak-semak yang berada tak jauh dari rumahnya.

“Saya berlari ke semak-semak dan bersembunyi di sana. Saya pulang ke rumah setelah dinasehati keluarga agar menyerahkan diri. Saya menyesal dan sudah meminta maaf dengan keluarga korban,” ujarnya.

Kapolsek SU I Palembang AKP M Khalid Zulkarnaen didamping Kanit Reskrim Iptu Azwan, mengatakan, anggota Satreskrim dibantu Babinkantibmas Polsek SU I Palembang berhasil mengamankan pelaku Birman saat berada di kediamannya.

“Jadi, yang bersangkutan ini lalai memasang kawat disekeliling kandang ternaknya yang sudah diberikan arus listrik hingga mengakibatkan orang lain meninggal dunia,” ujar Khalid.

Atas perbuatannya, pelaku akan dikenakan pasal 359 KUHP dengan ancaman kuruangan 5 tahun penjara. Sedangkan untuk barang bukti yang diamankan polisi berupa kawat sepanjang 50 Meter, stop kontak, bambu, serta cangkul dan paralon milik korban Mahsur.deny