Bisa Dipercaya

Cuaca Ekstrem, Warga Sumsel Diminta Waspada

 

img_1405Palembang-Cuaca ekstrem mulai melanda sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk Sumsel. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, cuaca ekstrem bakal melanda wilayah Sumsel hingga November 2016.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Kenten Palembang Indra Purna kepada Koran Kito, mengatakan kondisi cuaca yang mulai tak menentu dalam beberapa hari terakhir ini. Perubahan kondisi cuaca yang mendekati akhir tahun ini dipengaruhi oleh adanya fenomena terjadinya hujan yang sangat lebat pada sore dan malam hari yang disertai sejumlah angin kencang berkekuatan 15-25 knot serta petir.

Berita Sejenis

Dzumafo Perketat Pesaingan Lini Depan SFC

Polda Sumsel Sidak Pasar dan Siagakan Pasukan

Peran Motivasi Orangtua Terhadap Prestasi Anak

1 daripada 3.109

“Memasuki bulan Oktober hingga November, curah hujan ini kita prediksikan seluruh wilayah Sumsel akan dilanda cuaca ekstrem. Hal ini terlihat karena meningkatnya curah hujan lebat yang disertai angi kencang” ungkap Indra, Kamis (27/10).

Menurut Indra, perubahan tersebut juga disebabkan karena adanya fenomena dipole mode negatif kuat yakni peningkatan anomali temperatur permukaan laut di wilayah Indonesia bagian barat dan penurunan anomali temperatur permukaan laut di wilayah India bagian timur. Akibatnya, uap air yang berada di sebelah barat Sumatera akan tertarik ke wilayah Sumsel sehingga sering terjadi hujan dengan intensitas lebat dibandingkan kondisi normal.

“Cuaca ekstrem ini terjadi merata di seluruh wilayah Sumsel. Sebab, beberapa uap air yang berada di sebelah barat Sumatera berpindah ke wilayah Sumsel secra ekstrem,” ujarnya.
Agar dapat mengantisipasi, ia mengimbau kepada masyarakat agar waspada dengan dampak buruk yang terjadi. Sebab, musibah akan datang secara tiba-tiba, seperti banjir, longsor, dan pohon roboh.

“Daerah-daerah yang rawan masih berada di daerah dataran tinggi, dan terbilang rawan bencana terutama longsor. Untuk pemetaan wilayah masih kita lakukan dan belum menentukan titik mana saja yang disinyalir daerah yang rawan. Jadi, bagi masyrakat khususnya warga Sumsel agar berhati-hati dan waspada terhadap perubahan cuaca ekstrem ini, sebab bencana bisa terjadi kapan saja” pungkasnya.kardo