Ban Vulkanisir Trailer PT Waskita Meledak, Tukang Tambal Ban Tewas

dscn1399Palembang- Tukang tambal ban di Jalan Gubernur HA Bastari, Kecamatan Rambutan, Banyuasin Sumatera Selatan, Danil Sinaga (21), merenggang nyawa setelah kepalanya tertimpa ban mobil trailer yang meledak saat digantinya, Kamis (27/10) sekitar pukul 11.00.

Berdasarkan data yang dihimpun, peristiwa naas itu terjadi saat korban sedang mengganti ban bagian belakang mobil trailer milik PT Waskita yang sudah jelek dengan ban vulkanisir di bengkel mobil milik Bukti Tambunan (53), warga perumahan OPI, Palembang.

“Jadi ada mobil trailer yang masuk, minta digantikan ban mobil yang lama dengan ban vulkanisir. Saya tidak tahu mobil itu punya siapa, tapi ada merk PT Waskita. Dia itu, minta diganti ban luarnya saja, sedangkan ban dalamnya tidak,” ujar pemilik bengkel Bukti, saat ditemui di RSUD Palembang BARI.

Setelah semuanya terpasang dan terganti, korban mulai mengisi angin pada ban yang sedang dikerjakannya tersebut. Akan tetapi, saat itulah ban vulkanisir trailer yang digantinya itu meledak. Diduga, korban tertimpa ban trailer yang tepental akibat ledakan tersebut.

“Kalau kejadiannya persis saya tidak tahu karena kami sedang mengganti ban mobil yang lain. Jadi, yang pastinya ada suara ledakan yang sangat keras dari tempat korban kerja. Saat kami datang ke sana, korban sudah terkapar bersimbah darah,” tambahnya.

Setelah melihat Danil terkapar dengan kepala robek, ia dengan dibantu tiga pekerja yang lainnya langsung membawa korban ke RSUD Palembang BARI.

“Danil itu dari perantauan, sejak bulan 3 dia bekerja dengan saya. Sempat saya usir, karena takut tidak terbayar gajinya, katanya cukup dibayar makan saja, dia mau asalkan bekerja. Karena merasa kasihan, jadi saya terima dia. Kenyataannya malah kejadiannya seperti ini,” ujarnya.

Kabag Ops Polresta Palembang, Kompol Andi Kumara membenarkan adanya peristiwa tersebut. Setelah mendapatkan kabar, anggota SPKT Polresta Palembang langsung mendatangi kamar mayat RSUD Palembang BARI. “Kita hanya membantu saja, karena lokasi kejadian berada di kawasan Banyuasin,” katanya.deny