Groundbreaking Tugu Belido akan dilakukan Pekan Depan

sudirman-tegoeh

Palembang – Meskipun sempat molor beberapa kali, rencana Pembangunan Tugu Ikan Belido yang akan menjadi salah satu ikon terbaru Kota Palembang akan segera berjalan. Kepastian ini didapat setelah hasil pemenang terkait proses tender sudah diketahui hasilnya.

Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Investasi Setda Palembang, Sudirman Tegoeh mengatakan, dengan sudah diketahuinya hasil tender pemenang, pihaknya pun berhasil mendapatkan tim pemborong yang berpengalaman dengan pembangunan yang bersifat seni.

“Kita cari pemborong kriteria ini karena sangat penting. Untuk membuat sebuah ikon lokal yang punya ciri khas, dibutuhkan konstruksi patung yang tidak saja kuat tapi juga berbentuk bagus dan bernilai seni,” jelasnya.

Ia menjelaskan saat ini persiapan mulai masuk ketahap penyediaan bahan baku untuk pembangunan tugu yang digadang-gadang lebih tinggi dari tugu Merlion di Singapura tersebut. Apalagi untuk bentuk desain ikan belido terbilang cukup rumit. “Perusahaan pengembang tersebut harus ada catatan pengalaman yang berkaitan dengan konstruksi art. Makanya sesuai planning pembangunan tugu Belido segera berjalan,” terangnya yang tanpa menyebutkan perusahaan mana yang memenangkan tender ini.

Jika tidak ada perubahan rencana pembangunan tugu Belido akan berlangsung selama sembilan bulan. Jika pengerjaannya dimulai awal November ini, begitu proses selesai diperkirakan awal Juli 2017 mendatang. “Pembangunan tugu ini akan lebih fokus, sebab kawasan Benteng Kuto Besak (BKB) sebelumnya juga sudah rampung dipugar. Semoga saja pengerjaannya tidak ada hambatan,” terangnya.

Untuk desain sendiri sampai dengan saat ini tidak ada perubahan berarti untuk konsep pembangunan tugu yang estimasi dananya membutuhkan sekitar Rp 4,5 Miliar ini. Tugu yang dibuat dengan dana yang berasal dari Coorporate Social Responsibility (CSR) PTBA ini akan berbahan dasar perunggu. “Awalnya direncanakan dibangun memakai bahan batubara, tetapi kita khawatir akan mudah dibakar atau justru dikikis warga untuk dicuri. Jadi, diubah bahannya menggunakan perunggu,” katanya.

Lebih lanjut ia menambahkan dengan semakin cantiknya Benteng Kuto Besak (BKB) saat ini, nantinya akan lebih cantik lagi dengan adanya ikonik baru Kota Palembang ini. Karena tugu ini juga akan berfungai sebagai air mancur dimana air akan keluar dari mulut ikan. Tinggi patung akan dibuat total setinggi 12 meter sehingga terlihat megah. “Sebelum Asian Games kita pastikan tugu ini sudah berdiri kokoh,” tukasnya. (korankito.com/ria)