Alex: Sumsel Siap Gelar Asian Games 2017 Bukan 2018

 

img_4760Jakarta – Keyakinan serta kepercayaan diri Sumsel sebagai tuan rumah Asian Games 2018 tampak dari pernyataan Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin saat konfrensi pers usai rapat terbatas dengan Presiden Repubik Indonesia (RI) Joko Widodo di Istana Negara Jakarta , Senin (24/10).

Gubernur H Alex Noerdin menyampaikan keyakinan tersebut di hadapan awak media terkait penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta – Palembang. Gubernur secara singkat, padat dan jelas menyampaikan progres yang sedang berjalan di Palembang.

Dalam kesempatan ini Gubernur Alex Noerdin didampingi oleh Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Puan Maharani, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nachrawi, Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadi mulyo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Sekertaris Negara Pramono Anung.

Dalam kesempatan ini Alex Noerdin memaparkan keyakinannya bahwa Desember 2017, kesiapan Palembang dalam menyelenggarkan Asian Games rampung. Pemerintah Sumsel membangun beberapa venue Baru di Jakabaring Sport Center (JSC). Selain itu untuk mendukung Asian Games juga dibangun 2 jembatan baru, dan Light Rail Transit 24 Km membentang dari Bandara SMB II ke Jakabaring.

Tidak hanya itu, Saat ini sedang dibangun apartemen atlet 23 lantai dan 5 lantai sumbangan dari Menteri Pekerjaan Umum. Tidak hanya itu, beberapa fasilitas bandara, fly over, rumah sakit, pasokan listrik dan air bersih. “InsyaAllah Palembang Siap Asian Games Bukan 2018 tapi 2017,” tegas Gubernur Alex.

Ada yang berbeda dalam rapat terbatas kali ini. Jika biasanya sebelum menggelar rapat terbatas, Presiden Joko Widodo selalu membukanya dengan pembukaan yang panjang lebar. Kali ini Presiden ingin mendengar progres kesiapan dari infrastruktur hingga atlet sudah sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan atau belum.

“Fokus kita adalah membahas tiga hal, infrastruktur saya diberikan gambaran kemajuannya sudah berapa persen, kontingen atlet Indonesia seperti apa, juga pengaturan transportasi antara Jakarta, Palembang, serta kota lain seperti Jabar dan Banten,” kata Jokowi. “Saya ingin tepat waktu, ini kesanggupan kita jadi tuan rumah di Asian Games.”

Selain itu Presiden ingin mengetahui semua hambatan selama persiapan Asian Games dilakukan. Bila ada yang bisa dibantu oleh Pemerintah Pusat akan jauh lebih baik. “Kalau terjadi yang hambatan di lapangan segera diberitahukan sehingga kita bisa membantunya,” ucap Jokowi.rel/drsd