Bisa Dipercaya

Tipu Teman Sendiri, Guru diciduk Polisi 

dscn1214

Palembang – Seorang guru salah satu SMK swasta di kawasan Plaju, Heri Setiabudi (35) yang tinggal di Jalan Banten V, Kelurahan Silaberanti, Kecamatan Seberang Ulu (SU) I Palembang, nekat menipu temannya sendiri Septa (30) pegawai Bank Mandiri hingga ratusan juta rupiah.

Atas ulahnya itu, tersangka Heri harus merasakan dinginnya sel tahanan Mapolresta Palembang, setelah diserahkan korban ke pihak kepolisian guna mempertanggungjawabkan, Jum’at (22/10) sekitar pukul 22.00.

Berita Sejenis
1 daripada 3.075

Berdasarkan pengakuan tersangka, ia berkilah kalau uang Rp 170 juta milik korban Septa telah diambilnya. Menurutnya, uang tersebut sudah diberikan kepada temannya berinisial AZ yang menjanjikan akan memberikan proyek pembangunan tower di Sumatera Selatan.

“Jadi begini ceritanya, AZ itu menawarkan proyek pembangunan tower, dan minta dicarikan kontraktornya. Saya tawarkan di Septa, ternyata dia mau. Jadi, uang Rp 170 juta untuk mengurus administrasi proyek itu,” jelasnya saat ditemui di ruang piket, Minggu (23/10) pagi.

Menurutnya, setelah pertemuan pertama di tahun 2015 itu, korban memberikan uang kepadanya secara bertahap melalui transfer ke nomor rekeningnya. Sedangkan, ia memberikan uang kepada AZ secara cash, saat AZ atang ke Kota Palembang.

“AZ itu tinggal di Jakarta, dia tidak mau kalau saya ditransfer, katanya cas saja. Saya kenal sudah dua tahun dengan Zakaria itu, katanya di bekerja di Kementerian Sosial, dan bisa mengurusi tander. Uang itu, korban kasihan secara bertahap, setiap bulannya,” tuturnya.

Ia juga mengaku, kalau sudah menggunakan uang milik Septa sekitar Rp 50 juta. “Khilaf pak, karena dari AZ tidak pernah memberi saya, jadi saya ambil juga uang itu sekitar Rp 50 juta. Saya gunakan untuk berfoya-foya, dengan teman-teman di tempat karaoke,”katanya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Palembang, Kompol Maruly Pardede mengatakan setelah mendapatkan laporan korban, pihaknya langsung melakukan penyelidikan dan penangkapan terhadap tersangka. Saat ini, pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap tersangka.

“Tersangka sudah diamankan dan masih menjalani pemeriksaan oleh anggota kita,” jawabnya singkat. (korankito.com/denny)