Bisa Dipercaya

Songsong Asian Game, Ratusan Peserta Ikuti Lomba Bahasa Inggris

 

dsc_0134Palembang – Sedikitnya 400 peserta mulai dari pelajar sekolah menengah pertama (SMP) hingga perguruan tinggi beradu keahlian berbahasa Inggris dalam SEESPA English Olympic.

SEESPA (Student of English Education Study Progam Association) English Olympic merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh mahasiswa fakultas keguruan dan ilmun pengetahuan (FKIP) bahasa Inggris Unsri, berlangsung di auditorium Palembang Indah Mall, Senin (24/10).

Berita Sejenis
1 daripada 3.086

Menurut ketua panitia SEESPA English Olympic, Aulia Rahmawati, ada 400 anak muda yang terdiri unjuk gigi dalam berbahasa Inggris dan bernyanyi dengan bahasa Inggris.

“Ini adalah agenda tahunan yang dilakukan oleh FKIP Bahasa Inggris yang bertema SEESPA English Olmypic. Peserta berjumlah 400 orang, masing-masing 50 siswa SMP, 250 orang peserta SMA dan sisanya mahasiswa. Rangkaian perlombaan sudah dimulai sejak Jum’at (21/10) lalu, dan hari Senin (24/10) final puncaknya,” jelasnya kepada Koran Kito di sela acara lomba.

Ada 7 kategori yang diperlombakan, Newscating (pembacaan berita), wall magazine, story telling, spelling bee, debate , accoustic dan speech contest. Khusus peserta tingkat SMP hanya diperbolehkan mengikuti dua tangkai perlombaan yakni spelling bee dan story telling. Sedangkan untuk peserta tingkat SMA dan mahasiswa boleh mengikuti semua tangkai lomba kecuali story telling.

“Kami sudah menyiapkan hadiah bagi penang tiap tangkai lomba, yakni berupa trophy dan uang pembinaan. Untuk dewan juri, kami datangkan dari pihak yang berkompeten seperti dosen FKIP Bahasa Inggris Unversitas Sriwijaya (UNSR)I, Alumni mahasiswa dan pihak luar,” tegasnya.

Melalui ajang ini, diharapkan masyarakat Kota Palembang mulai belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing yang harus mereka kuasai. Pasalnya ke depannya Palembang akan menjadi tuan rumah Asian Games dan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

“Untuk tahun depan akan kami kembali  menyelengarakan kompetisi ini, tentunya dengan skala yang lebih besar. Mengingat dari tahun ke tahun minat siswa akan lomba bahasa Inggris terus bertambah,” tandasnya.

Salah satu peserta lomba sekaligus mahasiswi semester 1 jurusan Manajemen, Bella Oktavia mengaku, sudah belasan peserta yang dikalahkan sebelum dirinya masuk babak grand final. “Ini first time saya ikut. Saya sempat gugup waktu naik panggung tadi, tapi alhamdulillah saya bisa. Inti dari materi yang saya sampaikan tadi itu mengenai pentingnya pendidikan dan penguasaan informasi dan teknologi (IT),” tambah alumni SMAN Sumsel.ejak