Muba Kekurangan Bidan Desa

download-2

Muba – Jumlah bidan desa di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan (Sumsel) hingga Oktober 2016 masih sedikit atau belum sebanding dengan jumlah penduduk kabupaten setempat.

“Jumlah bidan desa di kabupaten ini masih sdikit sehingga berdampak tidak maksimalnya pemantauan kesehatan ibu dan anak,” kata Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi, di Sekayu, Jumat (21/10).

Menurutnya, kabupaten dengan penduduk sekitar 600 ribu jiwa itu baru memiliki 432 bidan yang tersebar di 236 desa. ‘’Jumlah bidan desa yang ada sekarang ini masih sedikit dan akan tersus diupayakan penambahan hingga mencapai angka ideal, yakni paling tidak ada 1.500 bidan di kabupaten dengan 14 kecamatan itu,’’ katanya.

Ia menjelaskan, melihat sedikitnya bidan desa di kabupaten ini, sebelum mencapai jumlah yang ideal, pihaknya berupaya memaksimalkan peran bidan yang ada dengan membekali pendidikan dan pelatihan (Diklat) fungsional bidan desa. ‘’Tugas bidan desa yakni melakukan pemantauan kondisi kesehatan ibu dan anak serta ibu hamil, dengan penambahan bidan desa secara bertahap dan dibekali diklat diharapkan bisa menjadi ujung tombak bidang kesehatan di desa,’’ ujarnya. (korankito.com/azza)