Bisa Dipercaya

150 Pelajar Terima Bea Siswa RTYD

dsc_0209

Palembang – Sejak didirikan tahun 2014, Rumah Tahfizd Yatim Duafa (RTYD) telah memberikan bea siswa kepada ratusan pelajar di kota Palembang. RTYD sendiri menargetkan dapat memberikan bantuan kepada setiap anak yatim dan duafa di Kota Palembang. Hal ini diungkapkan oleh direktur RTYD Andi Siaman di Taman Alam Punti Kayu, Minggu (22/10). Menurut Andi, RTYD memberikan tahapan beasiswa sebesar 250 ribu rupiah per tiga bulan kepada anak asuhnya yang bersumber dari 2000an orangtua asuh. “Kegiatan pemberian santunan ini sudah sering kami lakukan semenjak didirikannya RTYD, 2 tahun lalu. Namun lebih sering dilakukan di sekertariat RTYD di jalan pupuk raya sako kenten,” jelas Andi sebelum memberikan tahapan beasiswa secara simbolis kepada anak asuh RTYD di Taman Alam Punti Kayu, Minggu (22/10).

Diakuinya, pihaknya menargetkan dapat memberikan sedikitnya kepada 300 anak yatim dan duafa. Dan saat ini secara perlahan ada 150 anak asuh yang menerima bantuan tersebut dan mayoritasnya adalah anak sekolah tingkat sekolah dasar (SD). “Ada beberapa yang sudah duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP), namun mayoritasnya adalah anak SD dan sederajat. Karena kami memprogramkan, bila ada anak yatim dan duafa yang ingin mendapat bantuan dari RTYD, harusnya berkomitmen untuk dapat menghafal Al-qur’an,” tuturnya.

Berita Sejenis
1 daripada 3.105

Sebelum mereka mendapatkan beasiswa, lanjutnya, mereka (anak asuh RTYD) harus tampil kedepan teman-temannya untuk melafazkan hafalan Al-qur’annya. “Minimal, mereka harus hafal surah-surah pendek, sebagai bentuk komitmen mereka terhadap program RTYD. Kami juga sudah bekerja sama dengan beberapa rumah tahfizd lainnya. Jadi jika ada yang ingin bergabung dengan RTYD kami, maka mereka harus mengikuti program kami, terutama program menghafal Al-qur’an.

Selain itu, jika ada para dermawan yang ingin memberikan sedikit hartanya guna mendukung program tahapan beasiswa RTYD dapat langsung dating ke sekertariat di jalan pupuk raya samping Masjid Aqoba 2 sako kenten dan sekojo atau langsung hubungi Call Center dinomor 082307080700. “Kami disini untuk anak-anak, agar mereka mendapat fasilitas dalam menghafal Al-qur’an secara gratis. Kedepan kami berencana juga untuk menyiapkan dana untuk sekolah umum serta dana kuliah gratis dengan catatan mereka harus terus menghafal Al-qur’an. Jadi kami sangat membutuhkan uluran bantuan dari para dermawan agar dapat membantu mencerdaskan anak, baik dari segi intelektual, moral dan spiritual,” tutupnya.

Sementara itu, perwakilan bidang kesejahteraan rakyat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Suwadi mengaku, untuk sementara pihaknya hanya memberikan motivasi agar mereka lebih giat dalam menggali ilmu dan jati diri. “Untuk kedepannya, akan kami programkan bantuannya, entah itu dari dana APBN maupun CSR. Sebab, ini adalah kegiatan positif untuk mendidik generasi kedepan yang tidak lain kegunaannya untuk mengabdi dimasyarakat.,” tambahnya.
(korankito.com/eja)