Gelar Kegiatan Sosial, RS Pertamina Naikkan Target Peserta Operasi Katarak

img_20161021_144120

Palembang – RS Pertamina Plaju akan menggelar operasi katarak, bibir sumbing, dan hernia secara gratis untuk masyarakat Sumatera Selatan secara gratis. Rencananya tiga kegiatan tersebut tidak dilaksanakan secara serentak.

Untuk Operasi katarak dan bibir sumbing direncanakan digelar pada 12-13 November 2016. Sementara operasi hernia pada 29 – 30 Oktober 2016. Dimulai dari pukul 07-00 wib – selesai di RS Pertamina Plaju. “Peserta yang mendaftar tidak dipungut biaya,”ucap Direktur RS Pertamina Plaju, Dody Alamsyah Siregar, usai beraudiensi dengan Wali Kota Palembang, Jumat (21/10).

Ia menjelaskan, masyarakat kurang mampu di wilayah Sumsel umumnya dan Palembang khususnya menjadi prioritas untuk tiga kegiatan soaial ini. Rinciannya, untuk operasi katarak ditargetkan sebanyak 200 pasien, operasi bibir sumbing untuk 30 pasien, dan hernia dengan 50 pasien.

“Khusus untuk katarak akan ditingkatkan lagi pesertanya. Kami belajar dari pelaksanaan tahun 2014 dengan 50 pasien dan 2015 dengan 70 pasien. Maka di tahun ini, kami naikkan target sasarannya menjadi 200 pasien,”sebut Dody.

Disinggung fasilitas RS Pertamina Plaju saat ini, diakuinya akan terus ditingkatkan. Seiring dengan peningkatan status rumah sakit dari kelas D menjadi kelas C. Fasilitas yang sudah tersedia dan cukup diunggulkan diantaranya alat USG, alat cuci darah, alat operasi deteksi peluru, dan medical check up untuk calon pekerja perusahaan.

Berbenah perlahan dan pasti, apalagi izin untuk naik status sudah dikantongi. Untuk unit rawat jalan bisa menerima sekitar 300 pasien/hari, sementara untuk rawat inap tersedia sekitar 70 tempat tidur. “Kami juga sudah menerima pasien BPJS sejak tahun 2014,”imbuh dia.

Sementara itu, Wali Kota Palembang Harnojoyo menyambut baik kegiatan yang akan dilakukan RS Pertamina Plaju. Pihaknya berharap, kegiatan sosial serupa bisa dilaksanakan lebih banyak oleh lembaga kesehatan lainnya, mengingat operasi gratis bagi masyarakat kurang mampu terbilang sangat membantu untuk mereka. “Ini baik sekali, RS Pertamina Plaju memang sudah rutinkan kegiatan ini, semoga bisa memberi contoh,” pungkasnya. (korankito com/ria)