Sat Lantas Polresta Palembang akan Lakukan Simulasi

img_8853

Palembang – Penutupan ruas Jalan Kol H Burlian, tepatnya di bawah Jembatan Fly Over Simpang Empat Mapolda Sumsel, akibat pembangunan Light Rail Train (LRT) Sat Lantas Polresta Palembang, akan menggelar simulasi terlebih dahulu, sebelum jalan tersebut benar-benar ditutup.
Rencananya, simulasi tersebut akan digelar selama dua hari yakni 22-23 Oktober sepanjang jam-jam sibuk pagi dan sore hari, guna mengetahui kendala yang terjadi di lapangan selama penutupan Jalan Kol H Burlian berlangsung.

“Penutupan jalan tetap akan dilaksanakan, tapi kita akan mengedakan simulasi terlebih dahulu, agar dapat mengevaluasi kendala-kendala yang terjadi di lapangan. Jangan, nanti tidak di sumalis, terjadi kemacetan yang panjang,” ujar Kasat Lantas Polresta Palembang, Kompol Harris Batara, saat dikonfirmasi, Kamis (20/10) siang.

Untuk diketahui, pengendara kendaraan roda dua maupun roda empat yang dari arah Jalan Demang Lebar Daun, dilarang langsung berbelok ke kiri langsung menuju ke Jalan Kol H Burlian. Pengendara, harus memutar di depan taman makam pahlawan, selanjutnya baru menuju Jalan Kol H Burlian.

Sementara pengendara dari Jalan Basuki Rahmat hendak menuju Jalan Kol H Burlian, pengendara dilarang langsung berbelok ke kanan, melainkan harus berbelok ke kiri, memutar di depan makam pahlawan.

Tak hanya akan melakukan penutupan, namun para pengendarapun akan diberikan beberapa jalan alternatif, agar tidak terjadi penumpukan di kawasan tersebut.

“Nanti akan dipasang petunjuk arah jalan alternatif. Seperti para pengendara yang melintas dari Jalan Demang Lebar Daun menuju ke Kolonel H Burlian, bisa melewati Jalan alternatif yakni lewat jalan Inspektur Marzuki yang mana nantinya akan tembus ke Jalan Talang Ratu,” katanya.

Selama penutupan inipun, bukan berarti beberapa tempat fasilitas ‎seperti perkantoran BPPP, kantor pos, dan rumah sakit Sriwijaya Eye Center akan ditutup. Nantinya, para pengendara yang hendak masuk ke kawasan tersebut harus melewati u turn yang berada di bawah Fly Over Polda.

“Jadi harus datang dari arah Jalan Kolonel H Burlian, dan berbelok masuk ke kawasan tersebut melalui u turn itu. Tapi itu sistem buka tutup, yang mana nantinya hanya pegawai, dan konsumen dari tempat tersebutlah yang diperbolehkan lewat,” ungkapnya.

Nantinya di kawasan tersebutpun akan dilakukan penebalan anggota yang bertugas. Di kawasan tersebut nantinya akan di tempatkan enam petugas Sat Lantas Polresta Palembang, dan sisanya akan dibantu dengan anggota kepolisian dari Polsek Ilir Barat (IB) I, Sukarami, dan Kemuning.

“Jadi kitakan juga antisipasi kemacetan di jalan-jalan alternatif tersebut, jadi kita tempatkan anggota dari Polsek tersebut. Personil ini juga nantinya masih ada kemungkinan akan ditambah, setelah dilakukan simulasi, itulah gunanya simulasi ini,” tegasnya. (korankito.com/denny)