Mobil Wajib Sediakan Kotak Sampah

sulaiman-amin

Palembang – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang mewajibkan angkutan kota (angkot) dan kendaraan pribadi untuk menyediakan kotak sampah dikendaraan mereka. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang, Sulaiman Amin, saat dihubungi via seluler, Kamis (20/10).

Ia menjelaskan, penyediaan kotak sampah di kendaraan ini sudah pernah dihimbau sebelumnya. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi masyarakat membuang sampah ke jalanan dari dalam kendaraan. “Sebetulnya himbauan ini sudah ada dan sudah dari sejak lama,” katanya.

Hanya saja, jelasnya, memang belum efektif dan masih saja ditemukan masyarakat yang membuang sampah dari kendaraan ke jalan. Karena itu sesuai instruksi dari walikota Palembang untuk meningkatkan kebersihan di jalanan dengan mensosialisasikan lagi penyediaan kotak sampah di kendaraan. “Karena itu kita mulai lagi sosialisasi dengan menyebar selebaran ke angkutan umum (angkot) yang melintas di Jalan Merdeka hari ini,” bebernya.

Sosialisasi ini, tambahnya, bukan hanya ditujukan untuk angkutan umum dan pribadi saja. Namun juga disasar untuk kendaraan dinas milik Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang. “Kita mulai dari Pemkot juga. Kendaraan dinas Pemkot akan menjadi contoh untuk menyediakan kotak sampah di kendaaan mereka,” imbuhnya.

Dengan adanya sosialisasi seperti ini harapnya pengguna kendaraan dan masyarakat sama-sama sadar akan pentingnya kebersihan. Setelah sosialisasi jika masih ditemukan angkot yang tak menyediakan kotak sampah akan dilakukan pemeriksaan oleh Satuan Polisi Pamong Praja dan Satlantas Polresta Palembang. “Akan ada sanksi jika kendaran roda empat tidak menyediakan kotak sampah,” tukasnya.

Sementara itu kepala Dinas Kebersihan (DK) Kota Palembang, Faizal AR sangat mendukung penyediaan kotak sampah di angkutan umum dan kendaran pribadi oleh Dishub Palembang. Menurutnya permasahan sampah menjadi permasalahan semua tidak bisa hanya menjadi tanggung jawab satu instansi saja. “Kita sangat mendukung apa yang dilakukan Dishub,” ujarnya.

Pasalnya saat ini tingginya volume sampah yang dihasilkan kota Palembang setiap harinya sudah memberikan beban kerja yang berat untuk DK Palembang. Dengan adanya penyediaan kotak sampah di setiap kendaraan roda empat setidaknya mengurangi penyebaran sampah di jalan-jalan. “Dengan begitu sampah yang dibuang dijalanan oleh masyarakat dari dalam kendaraan akan berkurang karena dibuang di dalam kotak sampah itu,” pungkasnya. (korankito.com/ria)