Hari Ketiga, Sumsel Koleksi Selusin Emas

ryan-yohwari

Palembang – Memasuki hari ketiga, para atlet difabel Sumsel semakin sengit dalam mendulang medali emas pada Pesta Olahraga Difabel terbesar Nusantara, Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV di Jawa Barat, 17-25 Oktober 2016. Pasalnya, dari 5 keping emas terakhir dihari kedua, kemarin Sumsel menambah tujuh medali emas, torehan dari cabang olahraga atletik dan catur.
“Alhamdulillah, optimis terus. Hari ini nambah 7 emas. Jadi total sudah dapat 12 untuk medali emasnya,” ujar Ketua National Paralimpyc Committee (NPC) Sumsel Ryan Yohwari ketika diwawancarai melalui telepon selulernya, Selasa (19/10).

Ketujuh emas berhasil disumbangkan dari 4 emas dicabor atletik salah satunya adalah Haliman T 11, 800 M putra, 2. Agustinus Tinambela T 13, 800 M putra dan Arianingsih Dwi Astuti di Lempar Lembing Putri. “Sementara tiga emas lainnya dari catur. Ini kompetisi perdana di catur, kita berharap nomor lain bisa menyusul nantinya,” harap Ryan.

Lanjutnya, pria yang juga juara dunia bulutangkis Asian Para Games mengatakan bahwa perjalanan masih panjang. Masih ada beberapa cabang olahraga dan sisa nomor pertandingan masih banyak. Sehingga target 6 sampai 8 besar terus diharapkan. Namun, dirinya tak kemudian terus jumawa atas hasil sementara ini yang artinya sudah melebihi hasil emas PON Jabar bulan lalu.

“Seperti kemarin saya sampaikan Rabu dan Kamis puncak dari cabor dan nomor andalan kita. Besok (hari ini-red) ada Jendy Pangabean renang, Agus atletik yang sudah dapat emas, dinomor lain main lagi,” urainya.

Dengan perolehan sekarang, Sumsel masih bertengger di posisi 10 besar. Dengan perolehan 12 medali emas, tujuh perak dan 15 perunggu.

Sementara itu, dikatakan Pelatih Catur Ibnu Panhur bahwa pecahkan emas perdana di cabang olahraga catur dihari perdana kompetisi cabornya membuat beberapa anak asuhnya semakin semangat. Dirinya berharap tiga emas dari target dicabang olahraga catur ini bisa diraih. Pasalnya, masih banyak nomor yang belum dimainkan.

“Emas pertama, dan kita tunggu harapan emas selanjutnya. Kita masih sekitar delapan nomor lagi baik itu catur cepat maupun catur beregu,” pungkasnya. (korankito.com/resha)