Komunitas Pecinta Kopi Sumsel Kunjungi Lahat

Jpeg

Jpeg

Lahat-Bertempat di pendopoan rumah dinas Bupati, Senin (17/10), diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Lahat H Nasrun Aswari SE MM, menerima kunjungan komunitas pecinta kopi Sumsel. Sambutan hangat ditunjukkan oleh jajaran Pemkab Lahat sendiri demi kemajuan kawasan wilayah ke depannya.
Sekda Nasrun mengatakan, selama ini memang pengelolaan potensi kopi di Lahat masih belum maksimal. Banyak hal yang mempengaruhinya, mulai dari sikap petani atau masyarakat sendiri, pengolahan, pendistribusian, sampai masalah pola asuh kemitraan.
“Bukan kami tak perhatikan, di sini terkadang mengedukasi justru pekerjaan tersulit. Kami jelas sangat butuh rekan-rekan seperti hari ini,” ungkap Nasrun.

Diharapkan selain akan memberikan solusi bagi pengembangan dunia perkopian, juga akan membawa dampak positif bagi semua pihaknya, terutama bagi Lahat.
“Bupati dan Pemkab dalam setiap rencana pengembangan akan memberikan dukungan. Tinggal bagaimana, mitra-mitra baru yang bisa mendukung memberikan bantuannya,” beber Nasrun.

Sementara itu Erlan mewakili rombongan komunitas kopi, mengatakan, kegiatan ini muncul murni dari keprihatinan kalangan pecinta kopi di Sumsel, yang melihat perkembangan kopi yang lamban.

“Sumsel, khususnya Bumi Besemah, mulai dari Pagaralam, Lahat, Muaraenim, OKU Selatan dan lainnya potensi kopinya sangat besar, akan tetapi perkembangannya lamban,” ujar Erlan.

Untuk itulah, kedatangan rombongan kopi trip dari Palembang kali ini adalah untuk mengunjungi wilayah-wilayah untuk melihat kondisi sebenarnya dan berusaha mencarikan solusi ke depan.

“Kita akan lihat langsung kondisinya, kemudian ke depan akan mengusahakan kemitraan dengan Pemkab atau pihak lainnya, demi masa depan lebih baik,” tegasnya.hms