Bisa Dipercaya

Mahasiswa UMP Ikuti Seminar Jurnalistik

dsc_0167Palembang-Program studi (Prodi) Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) yang tergolong masih baru di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP), menggelar seminar untuk lebih mengenalkan dunia jurnalistik kepada mahasiswanya.

70 Persen peserta yang hadir adalah kaum hawa. Pada seminar perdana kali ini, peserta ada 100 orang lebih mahasiswa semester 1 dan 3 dari Prodi KPI yang total mahasiswanya 240 orang.

Dalam kegiatan ini, penyelenggara mengundang nara sumber yang berkompeten. Acara digelar yang pada Jumat (14/10), mendapat perhatian dan dukungan dari pihak kampus serta mahasiswa.

Berita Sejenis
1 daripada 3.088

Menurut ketua pelaksana M Syawaludin Syarif, tema seminar adalah jurnalistik, karena sesuai dengan prodi yang mereka jalani yaitu komunikasi dan penyiaran. “Kami utamakan pesertanya dari Prodi KPI, tapi ada juga dari luar Prodi KPI sebanyak 9 orang. Jadi jumlahnya 100-an lebih,” jelas Syarif di sela seminar jurnalistik di lantai 2 gedung fakultas Agama Islam UMP.

Wakil dekan 3 Fakultas Agama Islam UMP, Helyadi menambahkan, perlunya himpunan mahasiswa program studi (HMPS) sebagai wadah organisasi untuk memfasilitasi rekannya untuk lebih maju. “Jadi, tiap prodi melalui HMPS-nya kami wajibkan mengadakan kegiatan untuk memfasilitasi rekannya dalam meningkatkan kemampuannya. Seperti prodi KPI yang menyelenggarakan seminar jurnalistik, prodi lain juga melakukan kegiatan yang linear dengan prodinya,” tambah Helyadi.

“Kami inginnya penilaian berita itu ada juga dari sudut pandangan Islam, karena lulusan KPI bukan ke bidang pengajar tapi penyuluh. Jadi, selain mereka menuliskan pemberitaan, di sana mereka bisa berdakwah melalui tulisan berita melalui kacamata religi,” pungkasnya.ejak