Bisa Dipercaya

Alex : Wisuda Bukan Berarti Berhenti Belajar, Masih Banyak Harapan yang Perlu Dicapai

3

Palembang – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) diharapkan tidak berhenti belajar dan belajar guna membekali diri dengan pengetahuan, keterampilan yang berkualitas dan dapat berdaya saing. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya.

“Sudah barang tentu program pembangunan yang di dasarkan pada pemahaman terhadap perkembangan kebutuhan pasar regional dan internasional karena menjadi faktor penting dalam upaya menciptakan sumber daya manusia yang propesional dan berdaya saing,” ujar Gubernur Alex Noerdin saat menghadiri wisuda program D.III/S 1 ke-61 dan pasca sarjana S2 ke-22 UMP di Grand Ogan Permai Indah (OPI), Kamis (13/10).

Berita Sejenis
1 daripada 3.088

Meningkatkan mutu pendidikan kata Gubernur, merupakan tugas bersama termasuk Universitas Muhammadjyah Palembang, untuk menyiapkan masyarakat Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing global. Hal sesuai tercantum dalam salah satu misinya yaitu mengoptimalkan pendayagunaan potensi di berbagai sumber daya.

“Wisuda ini bukan berarti proses pembelajaran telah berahir, ini merupakan langka awal untuk perjuangan dan pengabdian jadi teruslah belajar dan belajar bertahan dalam menjalani hidup dan kehidupan,” kata Alex.

Dia menambahkan, tahun 2018 nanti Sumsel akan melaksanakan even akbar yaitu Asian Games. Jadi banyak sekali pembangunan-pembangunan dilakukan seperti membangun LRT, Jembatan Musi IV dan Musi VI serta pembangunan lain.

“Kita tahu bahwa pembangunan ini tidak sepenuhnya dibiayai APBD Sumsel melainkan dari investor dan partisipasi masyarakat Sumsel khususnya. Kita harus yakin semua pembangunan-pembangunan di Sumsel di akhir 2017 ini semua  terselesaikan,” pungkasnya.

Rektor Universitas Muhamadiyah Abid Dzajuli menambahkan, mahasiswa-mahasiswi UMP yang baru saja diwisuda diharapkan dapat menjadi sumber daya yang propesional dan mampu berkipra kedepannya.

Hingga saat ini, Universitas Muhammadiyah Palembang menelurkan alumni sebanyak 908 wisuda di berbagai jurusan. Hal ini menunjukkan bahwa Universitas Muhammadiyah Palembang aktif berpartisipasi, memberi kontribusi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam membangun bangsa, baik secara nasional, regional, maupun lokal.

Ditambahkannya, berbagai peningkatan dan pengembangan mutu yang dilakukan UMP selama ini telah membawa UMP kepada status akreditasi B (Baik) secara institusi sejak 16 Januari 2014.

Abid menambahkan, hingga bulan Februari 2016 ini, dari 29 program studi yang ada di Universitas Muhammadiyah Palembang, 22 program studi sudah terakreditasi B, tiga Prodi baru sedang dalam proses akreditasi. (korankito.com/ria)