Ubah Pasar Kotor Jadi Pasar Modern

screenshot_2016-05-20-16-38-37_com-miui-videoplayer

Palembang – Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang untuk merevitalisasi pasar tradisional terus dilakukan. Revitalisasi ini dilakukan untuk mengubah kesan pasar tradisional yang ada di Palembang, dimana sebelumnya pasar-pasar tradisional yang ada terkesan kumuh dan kotor.

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, ditahun ini saja ada beberapa pasar yang dilakukan revitalisasi diantaranya Gandus dan pasar Soak Bato atau Pasar 26 Ilir. Pihaknya akan merubah konsep pasar tradisonal selama ini agar kedepannya tidak ada lagi pasar tradisional yang kotor dan kumuh. “Kita akan ubah konsep pasar tradisional menjadi pasar tradisional yang modern, bersih dan rapi,” kata dia, Kamis (13/10).

Menurut Harnojoyo, kesan kumuh terhadap pasar tradisional sudah melekat sejak lama, karena itu pihaknya terus berupaya untuk menghilangkan kesan kumuh tersebut. Kendati demikian tambah Harno, tidak cukup hanya himbauan dari pihaknya saja, para penjual di pasar-pasar tradisional juga harus sadar akan kebersihan dan keindahan.

Para penjual harus bisa menjaga estetika berdagang di tempat mereka berjualan sehingga kesan kumuh akan hilang. “Seperti di Pasar Cinde itu, jualan pempek terbuka tidak ditutup lagi pakai plastik.Nantinya tak boleh lagi,” tukasnya. (korankito.com/ria)