Bisa Dipercaya

Kena Sanksi Indisipliner 6 PNS Turun Pangkat

ratu-dewa

Palembang – Keenam Pegawai Negeri Sipil (PNS) terdiri dari dua orang guru dan PNS struktural  di lingkungan Pemkot Palembang, dijatuhi sanksi akibat melakukan tindakan indisipliner. Sanksi yang diberikan berupa penurunan pangkat satu tingkat di bawahnya. Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat Kota Palembang, Ratu Dewa mengatakan sanksi diberikan setelah beberapa kali mendapatkan teguran.

“Sesuai dengan PP 53 Tahun 2010 tentang disiplin pegawai, mereka diberikan sanksi penurunan pangkat. Jadi, kalau pangkat sebelumnya IV B, jadi IV A. Butuh waktu empat tahun untuk mendapat pangkat tersebut. Kalau sudah turun pangkat, semuanya turun termasuk gaji dan tunjangan,” kata Dewa.

Berita Sejenis
1 daripada 3.074

Dewa menambahkan, kebanyakan tindakan indisipliner dari enam PNS tersebut adalah tidak masuk kerja. “Bahkan ada yang sampai 124 hari tidak masuk kerja. Kebanyakan mereka beralasan karena ada masalah rumah tangga dan faktor ekonomi,” beber dia.

Diakui Dewa, saat ini disiplin pegawai masih sangat rendah. Oleh karena itu, pihaknya saat ini terus memantau sampai ke kelurahan.

“Kita lihat absensi pegawai, dan semuanya dicek. Saya sudah minta staf  BKD untuk turun langsung mengeceknya,” tegasnya.

Bukan itu saja, lanjut Dewa, pembinaan atasan langsung kepada pegawainya juga masih lemah. Padahal, pembinaan berjenjang ini sangat penting.

“Kalau staf, maka yang harus mengawasinya itu kasubag. Kalau sudah tiga hari tidak masuk atau sering terlambat, seharusnya dipanggil. Dan pemanggilan juga harus tertulis dalam berita acara. Selama ini, hal seperti itu jarang dilakukan. Kedepan, kita minta pengawasan ini diperketat lagi,” pungkasnya. (korankito.com/ria)