Curi 25 Slop Rokok Despriyadi Divonis 1,5 Tahun

sidang-ria-20

Palembang – Meski divonis satu tahun dan enam bulan penjara oleh majelis hakim Charles Simamora, terdakwa Despiryadi (31) masih bisa mengubar senyum kepada jaksa dan hakim di PN Klas 1A Khusus Palembang, Rabu (12/10).

Sebelum divonis, terdakwa terlebih dahulu menyampaikkan permohonan keringanan hukuman atas tuntutan penuntut umum, Riniyati Karnasih, selama satu tahun dan sepuluh bulan penjara.

Didalam surat tuntutan terdakwa yang tercatat sebagai warga jalan Dr M Isa Lr Swadaya Kecamatan Ilir Timur II Palembang, dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana pencurian rokok sebanyak 25 slop (kotak-red) dan uang sebesar 1 juta rupiah, terbukti melanggar pasal 363 ayat (1) ke 3,4,5 KUHP.

Namun mempertimbangkan terdakwa menyesali perbuatannya dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi, majelis hakim akhirnya memutuskan empat bulan lebih rendah dari tuntutan penuntut umum.

“Kami sependapat dengan penuntut umum, terdakwa terbukti bersalah dan melanggar pasal  363 ayat (1) ke 3,4,5 KUHP, namun karena terdakwa mengaku menyesal dan berjanji tidak akan mengulai perbuatannya lagi, majelis hakim memutuskan terdakwa dijatuhi hukuman penjara satu tahun dan enam bulan penjara” tegas Charles.

Sempat terdiam, namun akhirnya terdakwa menyatakan menerima putusan, setelah ditanyakan hakim sikapnya atas vonis yang dijatuhkan. ” Saya terima pak” ujar terdakwa.

Sementara itu JPU Rini Karnasih, juga menyatakan menerima putusan hakim, meski putusan lebih rendah dari tuntutannya. (korankito.com/ria)