Atasi Pungli, Polda Sumsel Bentuk Tim Satgas

img_20160428_160051-1

Palembang-Permintaan Kapolri, Jendral Polisi Tito Karnavian yang menyatakan kepada seluruh Kapolda  di Indonesia untuk membentuk Tim Satgas anti pungli.

Terkait kabar tersebut, Kapolda Sumsel, Irjen Pol Djoko Prastowo menyambut baik perihal tersebut. Namun jelasnya, sebelum pernyataan ini disampaikan oleh Kapolri, pihaknya telah terlebih dahulu mencoba menerapkannya. Hanya saja, menurutnya, namanya bukan Tim Satgas anti pungli melainkan zona integritas.

“Sebelumnya kita sudah menerapkannya dan sebagai percontohannya Polresta Palembang yang sudah kita benahi sitem pelayanan prima seperti pembuatan SIM, SKCK, perizinan dan lain sebagainya, tapi kita tetap menyambut baik dan akan menjalankan program itu” jelas Kapolda saat ditemui di Polda Sumsel, Rabu (12/10).

Selain itu, Setelah di Polresta Palembang, kedepan pihaknya akan menerapkannya di Polres lain yang ada di wilayah hukum Polda Sumsel. Namun, menurutnya, perihal tersebut tidak dapat dilakukan secara langsung melalui harus bertahap seperti dimulai dari memperbaiki sistem, SDM hingga infrastrukturnya. “Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kita juga melakukan sidak melalui Irwasda dan Propam. Hari ini, Irwasda ke Musi Banyuasin (Muba) dan ini merupakan salah satu pengecekan di sana,” ujarnya.

Dan terkait dengan perihal OTT pungli, masih dikatakannya, pihaknya juga tidak dapat bergerak sendirian melainkan harus berkerja sama dengan berbagai instansi lain. “Untuk OTT sendiri kita tidak boleh saling mencari kesalahan. Sebab, kita memang tidak bisa melakukannya sendirian dan harus komunikasi dengan pimpinan instansi terkait seperti kita dengan Gubernur,” tutupnya.(korankito.com/kardo)