Bisa Dipercaya

Ali Amir Terpilih Sebagai Sekwan DPRD Palembang

img_20160906_130422_hdr

Palembang – Mantan Sekwan Kabupaten OKI, Ali Amir akhirnya terpilih sebagai Sekretaris Dewan (Sekwan) Kota Palembang. Terpilihnya Ali Amir setalah terlebih dahulu dilakukannya rapat penetapan Sekretaris Dewan (Sekwan) oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palembang pada Senin lalu. Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua DPRD Palembang M Adiansyah, Rabu (12/10).

“Sesuai dengan hasil tes, Ali Amir terpilih menjadi Sekwan DPRD Kota Palembang” katanya.

Berita Sejenis
1 daripada 3.075

Adiansyah menjelaskan, dipilihnya Ali Amir sebagai sekwan berdasarkan surat rekomendasi yang disampaikan walikota, yang mana mantan Sekwan OKI ini menjadi prioritas untuk menjadi sekwan. “Atas permintaan Wako,melalui surat rekomendasinya,Saudara Ali Amir menjadi terdepan untuk menduduki kursi Sekwan DPRD Palembang” terangnya.

Sebelum memutuskan siapa yang akan terpilih Ia mengatakan, pihaknya sebelumnya melakukan rapat penentuan tiga nama yang sudah disaring sebelumnya dari 12 calon oleh Walikota Palembang Harnojoyo. Belasan calon itu pun sebelumnya telah mengikuti assessment dan penilaian akhir yang telah dilakukan di kantor BKD Palembang beberapa waktu lalu.

“Tiga nama yang diberikan walikota ke DPRD merupakan hasil tes dan pemberian nilai oleh Tim Panitia Seleksi, yakni Ali Amir, Herly Kurniawan dan Andi Wijaya Busrah, yang telah melewati proses seleksi,” jelasnya.

Dikatakannya, keluarnya tiga nama tersebut, murni hasil dari tim seleksi yang dibentuk oleh Pemerintah Kota (pemkot) Palembang. Dimana salah satu tim seleksi yakni dari Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya Dr Febrian dan Kepala BKD Kota Palembang. “Jadi ini murni hasil assessment dan penilaian tim seleksi yang di bentuk Pemkot,” kata Politisi Partai Golkar ini.

Tim Panitia Seleksi (Pansel) Lelang Sekwan, Dr Febrian dari Universitas Sriwijaya sebelumnya pun mengatakan, pihaknya telah menyerahkan hasil dari seleksi calon Sekwan DPRD Kota Palembang kepada Walikota Palembang bulan lalu. Belasan calon sebelumnya sudah melakukan beberapa tahap seleksi mulai dari administrasi hingga paparan makalah dan wawancara.

“Setelah melakukan rekapitulasi nilai, tim Pansel menyerahkannya pada Walikota, yang kemudian oleh Walikota diserahkan ke Dewan, nilainya bagus dan bervariasi,” katanya.

Tahap seleksi sebelumnya yang dilalui oleh calon dari Plt Sekwan dan beberapa pejabat Pemkot Palembang ini berupa administri, Porto Polio, wawancara dan paparan makalah berupa Focus Group Discussion (FGD). Juga hasil assessment di Lembaga Administrasi Negara (LAN) Jawa Barat. Dimana asesment tersebut dilaksanakan, untuk memenuhi kompentensi para pejabat sesuai arahan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). (korankito.com/ria)