Disdik Lahat Segera Rehab SMP 1 Tanjung Sakti Pumu

Kepala Disdik Lahat Sutoko akan segera memperbaiki SMPN 1 Tanjung Sakti Pumu. ist

Lahat – Sekolah Menengah Pertama (SMP) 1 Desa Gunung Raya, Kecamatan Tanjung Sakti Pumu, yang sebagian bangunannya rusak mendapat perhatian Dinas Pendidikan (Disdik) Lahat untuk diperbaiki, tahun ini.

Kepala Disdik Lahat Sutoko mengatakan, direncanakan SMPN 1 Tanjung Sakti Pumu di rehab secara standar agar para siswa dapat lebih nyaman untuk belajar. “Kalau merasa enak, belajar pun enak. Jadi semua keberhasilan yang dicapai bisa kita lalui dengan baik. Itu yang saya maksud standar. Standar segala-galanya, baik itu pelajarannya, ruangannya, semua. Jadi dia harus mengikuti perkembangan yang ada sekarang,” ujarnya.

Menurut Sutoko, ada dua ruang kelas di sekolah yang dibangun sejak 1990 itu rusak parah dan sembilan kelas lainnya rusak ringan. ‘’Sedih kok masih menggunakan bangunan rusak untuk kegiatan belajar mengajar. Kondisi Gedung terlihat sudah banyak yang rusak, kondisi gedung yang rapuh dan ada lantai yang berlubang di sana sini, kaca jendela juga pecah, plafon asbes sudah banyak berlubang dan terlepas,’’ paparnya.

Ia merincikan, ada dua kelas rusak berat, sembilan rusak ringan/sedang dan satu ruang perpustakaan. ‘’Bila mana pelaksaanan tidak memungkinkan durasi waktu di tahun 2016 hasil Survei ini akan menjadi prioritas APBN induk tahun 2017,’’ urainya.

Selain itu, ada tiga ruang kelas yang baru saja di rehab pada 2015 belum mempunyai kursi maupun meja, namun menurut Sutoko, untuk meubeler akan segera dibantu oleh Bupati Lahat.

Sementara itu, Kepala SMP 1 Tanjung Sakti Pumu Arison mengungkapkan, sebetulnya hampir seluruh ruang tidak layak pakai. ‘’Itu perlu dituntaskan apalagi SMPN 1 Tanjung Sakti Pumu itu memiliki jumlah siswa sangat banyak 508 orang. Jadi kita harus benahi semua. Sarana pendidikan di sana harus standar,’’ katanya.

Dalam survei tersebut Sutoko didamping Korwas Satria Utama, Kabid Dikmen Sukaryo, Kabid TK/SD Endang Supratman, beserta tim teknis dari Kemnterian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud)Edi Prastia. Selain itu turut hadir Camat Tanjung Sakti Pumu Sumarno,  Ketua Komite Mulyadi dan Kepala Desa Wardoyo. (korankito.com/hasjim)