Bisa Dipercaya

SMKN 5 Ditunjuk Jadi Sekolah Model

dsc_0009

Palembang – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Palembang ditunjuk menjadi sekolah model oleh Lebaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Selatan (Sumsel) berdasarkan usulan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Palembang.

“Sekolah model yakni sekolah percontohan yang benar-benar baik dalam mencanangkan delapan SNP (standar nasional pendidikan – red) yang sebelumnya harus melalui evaluasi diri,’’ ujar Kepala SMKN 5 Zulfikri, seusai launching sekolah model SMKN 5, Sabtu (8/10).

Berita Sejenis
1 daripada 3.076

Menurutnya, untuk menjadi sekolah model terlebih dahulu mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) tentang sekolah model pada 13-18 September 2016 di LPMP Sumsel. ‘’Pada awalnya yang diajukan dari Kota Palembang ada 10 sekolah dari jenjang pendidikan dasar hingga menengah atas dan lima sekolah yang memenuhi syarat,’’ paparnya.

Zulfikri menjelaskan, status sekolah model tersebut akan dievaluasi selama dua tahun, kemudian jika memungkinkan akan diusulkan menjadi sekolah unggulan. ‘’Kami berharap evaluasi nanti menunjukkan hasil bagus,’’ papar Zulfikri kepada Koran Kito.

Ia juga berharap, bukan SMKN 5 saja yang menjadi sekolah model, melainkan banyak sekolah lain yang dipercaya menjadi sekolah model sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di Sumsel. “Nantinya kami akan mengimbaskan hasil dari peningkatan delapan SNP ke SMK negeri lainnya, seperti SMKN 1, SMKN 3, SMKN 4, SMKN 7 dan SMKN 8,” kata orang nomor satu di sekolah yang memiliki jurusan Teknik Program Produksi, Penyiaran dan Perfilman (TP4) sejak dua tahun lalu itu.

Bukan cuma itu nilai plus lain yang dilakukan SMKN 5 yakni menjalin kerja sama dengan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas I Pakjo untuk membina anak didik yang saat ini berada di tahanan. ‘’Kami juga menjalin kerja sama dengan LPKA Pakjo yang MoU telah ditandatangani berbarengan dengan acara launching sekolah model,’’ tuturZulfikri.

Hal itu, tambahnya, dilakukan agar adanya anggapan bahwa LPKA tempat yang menyeramkan dapat diubah.

Sementara itu, Kepala LPKA Klas I Pakjo Palembang, Endang Lintang Hardima mengutarakan, pihaknya sungguh berterima kasih karena SMKN 5 mau melakukan kerja sama dalam mendidikan dan membina anak didik LPKA jenang SMK. “Kami jajaran LPKA mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerjasama dari SMKN 5. Kami juga berharap SMKN 5 Palembang dapat menjadi sekolah unggulan kedepannya,” tegas Endang.

Sedangkan Ketua LPMP Sumsel, Yaswardi mengungkapkan, SMKN 5 terpilih diantara sekolah lain yang diusulkan oleh dinas pendidikan terkait karena memang sudah memenuhi standar dari LPMP. “Kriterianya sudah terpenuhi semuanya, baik dari hasil survei juga terpenuhi,” papar Yaswardi

Ia menyebutkan di Sumsel seluruhnya ada 85 sekolah model, per kabupaten/kota ada lima sekolah. “Sumsel termasuk kategori lima besar terbanyak sekolah model. Cuma untuk sekolah dasar (SD) yang diambil dua sekolah model, untuk SMP, SMA dan SMK hanya satu sekolah,” katanya. (korankito.com/eja)