Pegawai Disdik Genjot Kemampuan Iptek

sutoko

Lahat – Dinas Pendidikan (Disdik) Lahat terus melakukan sosialisasi serta pelatihan teknologi bagi pegawai khusus terkait dengan user web untuk mendukung input data yang akan ditayangkan pada portal Diknas. ‘’Sekarang ini teknologi sudah menjadi kebutuhan serta bagian hidup manusia karena memiliki manfaat yang besar bagi penggunanya,’’ ujar Kepala Diknas Lahat, Sutoko.

Maka itu, tambahnya, pelatihan dan sosialisasi menjadi penting untuk dilakukan hingga ketingkat UPTD Pendidikan tingkat kecamatan, maupun ke sekolah-sekolah. ‘’Bulan lalu, Diknas telah Lahat menggelar pelatihan teknologi yang diikuti sebanyak 40 peserta dari sekolah se-Kabupaten Lahat,’’ paparnya.

Ia menyebutkan, saat ini Diknas sudah memilili website sendiri dengan alamat domain http://disdiklahat.or.id. Website ini diharapkan akan menjadi sarana penyampaian informasi dan kegiatan pendidikan.

Sutoko mengungkapkan, sektor pendidikan termasuk satu dari enam misi yang menjadi fokus pembangunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat menuju Lahat Bangkit 2018. Untuk itu, upaya perbaikan dan peningkatan tidak cuma dilakukan pada bidang infrastruktur, namun sumber daya manusia pendidikan juga terus digenjot Dinas Pendidikan (Diknas), salah satunya pelatihan teknologi.

Sedangkan pekan lalu, UPTD Pendidikan Kota Agung juga menggelar pelatihan user web bagi operator sekolah diikuti 13 peserta.

Menurut Kepala UPTD Kota Agung, Kasrun, kegiatan tersebut merupakan bagian dari mengabarkan informasi pendidikan di Kabupaten Lahat. Dalam kegiatannya, pengelolah web Diknas Lahat admin di Diknas bekerja sama dalam penginputan data yang akan menjadi konten di web tersebut. ‘’Pelatihan itu sifatnya share atau berbagi, sebab pihak UPTD kecamatan Kota Agung yang kebetulan mewakili seluruh operator sekolah hanya sebagai fasilitator. Jadi semua pihak yang terlibat dapat memberikan input yang maksimal dalam menginformasikan pendidikan di Kecamatan Kota Agung dan Kabupaten Lahat pada umumnya,” ujarnya.

Salah satu operator SMAN 1 Kota Agung, Santo mengaku, apa yang dilakukan dalam pelatihan itu adalah langkah maju dari pendidikan di Kabupaten Lahat, dengan adanya fasilitas web yang di lakukan oleh Diknas, info pendidikan akan semakin cepat dikabarkan kepada masyarakat luas. ‘’Kalau selama ini sekolah jarang sekali terpublikasi karena banyak kendala dan halangan, tetapi saat ini pihak luar bisa mengetahui kabar pendidikan di kabupaten Lahat,’’ ungkapnya.

Bukan cuma itu, terkait dengan pemanfaat teknologi sebagai bagian dari pendidikan. Sejumlah sekolah di Lahat dilakukan uji petik sekaligus menitoring yang dilakukan Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (PUSTEKKOM), Kemdikbud, beberapa waktu lalu. Tim PUSTEKKOM melakukan uji petik pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk Sekolah Garis Depan (SGD)/Program USO Tahap II Tahun 2016, di SMP Negeri 2 Gumay Ulu dan SMA Negeri 1 Pagar Gunung.

Menurut Tim Monitoring dari PUSTEKKOM, Diah Wulandari, tujuan monitoring dan uji petik itu yakni untuk mengetahui sampai sejauh mana peralatan TIK dalam hal ini Vsat sudah dimanfaatkan oleh sekolah tersebut, dalam rangka kelancaran dalam proses pembelajaran dan penyampaian. ‘’Hasilnya diketahui bantuan peralatan TIK untuk jaringan internet yang diberikan pemerintah, sangat terasa manfaatnya terutama saat persiapan UN berbasis online yang baru lalu,’’ paparnya. (korankito.com/hasjim)