Bisa Dipercaya

Omdusman Soroti Sudirman Walk

img-20161003-wa0005

Palembang – Pembangunan pedestrian dikawasan Jalan Jenderal Sudirman disambut baik Ombudsman Perwakilan Sumsel. Kendati belum rampung 100 persen, pedestrian ini sudah bisa dilalui oleh pejalan kaki.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumsel Indra Zuardi, Pihaknya menilai konsep Sudirman Walk sudah sangat baik dan sesuai aturan tata ruang. Dengan hadirnya fasilitas umum seperti pedestrian tersebut menunjukkan Pemkot Palembang mulai berbenah dalam pelayanan publik.

Berita Sejenis
1 daripada 3.102

“Luas, rindang, ada kursi taman, dan sangat ramah untuk tuna netra. Nyaman sekali untuk pejalan kaki,”ulas Indra.

Namun begitu, Indra mengimbau, Pemkot Palembang mesti maksimal dalam pengadaan pelayanan publik. Untuk Sudirman Walk ini misalnya, masih terpantau gorong-gorong Sudirman di sisi kiri Jembatan Ampera penuh kabel utilitas. Kondisi ini harus segera ditindaklanjuti SKPD terkait dalam hal ini Dinas PUBM dan PSDA Palembang. Hal itu sebagai antisipasi genangan air tumpah ke jalan raya apabila air hujan tidak tertampung ke gorong-gorong yang tertutup.

“Akan segera menyurati pihak terkait untuk clear-kan gorong-gorong itu. Pemkot harusnya all out, tidak lucu kalau pedestrian sudah bagus tapi jalannya banjir,”ujarnya.

Disinggung soal keamanan kawasan tersebut, Indra juga mengingatkan Pemkot Palembang agar fasilitas yang sudah ada dapat diawasi pihak terkait. Masyarakat juga harus proaktif menjaga fasilitas bersama tersebut. “Setidaknya banyak hal yang perlu dilakukan untuk persiapan ruang publik, termasuk penataan kota,”terangnya.

Salah satu pemilik toko sparepart SION di Jalan Jenderal Sudirman, Anggraini mengaku sangat senang dengan perbaikan trotoar ini. Namun dia tetap berharap, pemerintah bisa memperhatikan keamanan di kawasan itu. “Sudah nyaman sekali, tapi kalau tidak beiringan dengan keamanan, ya percuma. Ini Palembang, bisa saja pot atau kursi itu dirusak warga yang tidak bertanggung jawab, seperti pot-pot kami selama ini,”tuturnya.

Wali Kota Palembang, Harnojoyo menjelaskan, diperbaikinya trotoar ini diharapkan dapat mengembalikan fungsi pedestrian di kawasan jalan protokol tersebut. Dengan begitu, tidak hanya menjadi nyaman bagi pejalan kaki, tetapi juga bisa menjadi destinasi pariwisata. Untuk memberikan kenyamanan bagi pejalan kaki, pedestrian diperlebar dari tiga meter menjadi enam meter. Ke depan, perbaikannya akan menyeluruh, termasuk penataan parkir di Sudirman.

“Kita ingin ubah perilaku masyarakat. Biasanya turun parkir langsung ke toko, nanti akan diatur parkir di kantong khusus, sehingga warga kita arahkan untuk aktif berjalan menuju toko. Trotoarnya sudah baik dan nyaman,”ungkapnya.

Penataan pedestrian di jalan protokol tersebut, lanjut Harnojoyo, memang jadi prioritas. Diakuinya perbaikan baru rampung di sisi kanan Jembatan Ampera. Sementara seberangnya masih harus memperbaiki utilitas yang  berserakan. “Dananya sebesar Rp3,6 miliar dari APBN 2016. Saat ini memang masih di sisi ini, bagian seberang masih harus perbaikan,” tukasnya. (korankito com/ria)