Bisa Dipercaya

Senin, Penentuan Nasib Pedagang Pasar Cinde

img_9765

Palembang – Menyusul semakin dekatnya rencana pemerintah dan pihak investor untuk melakukan revitalisasi terhadap pasar Cinde. Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mulai melakukan persiapan untuk melakukan relokasi pedagang Pasar Cinde.

“Rapat terakhir penentuan tempat relokasi dan waktu yang tepat bakal dilakukan relokasi akan dilakukan Senin nanti,” ujar Dirut PD Pasar Palembang Jaya, Asnawi P Ratu, Kamis (6/10).

Berita Sejenis
1 daripada 4

Asnawi memastikan, pihaknya akan lebih memprioritaskan pedagang dengan lapak milik sendiri yang terkena relokasi. 800 pedagang yang terdata di PD. Pasar Palembang Jaya nantinya akan diberi tempat dan lapak di pasar ketika usai revitalisasi.

Adanya rencana Pemkot untuk merelokasi pedagang di eks Cineplek yang saat ini dihuni oleh para pedagang batu akik dipastikan batal. “Pihak pengelola eks Cineplek tidak menyetujui, jadi kita cari lahan lain,” imbuhnya. Sementara, pihaknya berencana bakal merelokasi pedagang di kawasan belakang pasar Cinde.

Disana, menurut Asnawi, ada sebagian lahan kosong milik warga dan sebagian jalan. Namun, ia belum bisa memastikan lahan tersebut cukup untuk menampung ratusan pedagang dan tidak akan mengganggu badan jalan. “Sama seperti pasar 26 Ilir, walau sedikit memakan badan jalan tetap tak mengganggu lalu lintas,” elaknya.

Lebih lanjut dikatakannya, sejauh ini persiapan ditempat relokasi pedagang belum dilakukan pihaknya. Untuk kelengkapan dan atribut lainnya seperti tenda kerucut dan perlengkapan lainnya, Asnawi menegaskan, bakal disediakan oleh pihak investor. “Kita hanya menyediakan lahan,” sambungnya lagi.

Ditanya kapan relokasi pedagang, Asnawi belum bisa memastikan. “Belum tahu, bisa jadi seminggu lagi atau sebulan lagi,” tandasnya.

Sementara itu, Sekda Kota Palembang, Harobin Mustofa mengaku untuk rencana relokasi pasar Cinde, sejauh ini pihaknya masih menunggu petunjuk karena itu proyek  milik provinsi. Kendati demikian, Pemkot Palembang bertugas untuk memfasilitasi tempat relokasi pedagang. “Kita mengusahakan jangan sampai mereka terlalu jauh pindah,” lanjutnya.

Wakil Walikota, Fitrianti Agustinda membenarkan kalau saat ini kondisi Pasar Cinde masih kumuh dan jorok. Sengaja bakal direvitalisasi, supaya menghapus kesan kumuh dan jorok. “Untuk revitalisasi, kita tetap usulkan supaya tanpa harus merubah bentuk asli, tapi tetap memperbaiki kondisi di dalamnya,”tukasnya. (korankito.com/ria)