Intensitas Latihan Atlet NPC Berkurang

npc

Palembang – Guna menghadapi Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) ke-XV tahun 2016 di Jawa Barat, National Paralympic Committe (NPC) Sumsel telah menurunkan porsi latihannya sejak Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) dimulai  beberapa bulan yang lalu.

Pengurangan intensitas latihan ini guna menjaga agar kondisi fisik atlet tidak terlalu terbebani. Hal ini dikatakan Ketua NPC Sumsel, Ryan Yohwari. Dikatakannya, para atlet yang akan berangkat terdiri dari 70 orang ditambah 15 orang non campus.

“Semuanya dalam kondisi yang fit dan siap bertanding pada tanggal 15 – 24 Oktober. Para atlet memang saya himbau untuk menurunkan tensi latihan. Karena untuk menghadapi event semacam ini, latihan keras setidaknya sampai dua minggu sebelum pembukaan,” tutur Ryan.

Paralimpian yang pernah membawa Indonesia Juara Umum di ajang bulutangkis Asian Para Games VI tahun 2011 ini menambahkan, jika telah memasuki tahap satu minggu sebelum pemberangkatan, maka latihan hanya bersifat games.

Selain itu, ia lebih suka menanamkan mental kepada para atletnya agar lebih siap untuk berlaga di ajang bergengsi bagi atlet Difabel tersebut. Menurutnya, pembinaan mental perlu agar di dada para atlet dapat tumbuh jiwa kebersamaan.

“Alhamdulillah sejauh ini berjalan lancar. Yang jelas, mental harus kita maksimalkan dan jangan sampai surut. Segala sesuatu memerlukan kesungguhan dan ketekunan jika ingin meraih hasil maksimal,” tuturnya.

Pihaknya juga mengungkapkan alasan tetap akan menurunkan 15 atlet non-campus, agar atlet yang tidak lolos pada seleksi, tetap dapat memberikan potensi untuk menyumbang medali perak maupun perunggu.

“Mereka tetap kita ajak. Mereka bersungguh-sungguh dalam persiapan hingga menuju keberangkatan. Jadi kita tak bisa menghalangi itu, dan mereka juga dibuatkan Surat Keputusan, meski tidak ada dananya,” pungkasnya.

Senada dengan hal diatas, Technical Delegate Manager (TDM) NPC Sumsel, Ahmad Yusuf Wibowo menegaskan bahwa persiapan para atlet Peparnas telah memasuki tahap final. Berkaca dari tahun 2012, ia optimis bahwa tahun ini para delegasi NPC Sumsel bakal membawa hasil yang lebih baik.

“Alhamdulillah kita sudah melewati tahap pemantapan dan pengukuhan. Insya Allah tinggal diberangkatkan menuju Bandung ntuk bertarung pada cabor masing-masing,” ujarnya.(korankito.com/resha)