Bisa Dipercaya

Disdikpora Palembang Akan Fokus Pada SD

zulinto-11

Palembang – Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Kota Palembang kini akan lebih memfokuskan dan meningkatkan kemajuan mutu pendidikan tingkat sekolah dasar (SD), setelah penyerahan pengelolaan SMA/SMK ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel).

Menurut Kepala Disdikpora  Palembang, Ahmad Zulinto, pihaknya secara bertahap akan melatih sumber daya manusia (SDM) tenaga pendidik, serta meningkatkan sarana dan prasarana dalam kemajuan pembangunan, terutama ditingkat SD di kota Palembang.

Berita Sejenis
1 daripada 3.069

“Kami konsentrasikan di dunia pendidikan dasar untuk membina dan memajukan pendidikan dasar. Nantinya, dalam setiap hari akan ada petugas dari Disdikpora yang ditugaskan untuk berkeliling melihat sekolah mana yang diprioritaskan untuk pembangunan. Jadi, kami fokuskan 60 persen pembangunan ke tingkat SD dan sisanya di SMP,” ungkapnya.

Namun, lanjutnya, dengan peralihan pengelolaan SMA/SMK tersebut, bukan berarti pihaknya langsung lepas tangan terhadap mutu pendidikan ditingkat SMA/SMK, karena yang mengurusi pendidikan bisa siapa saja. Jadi, semua harus bertanggung jawab, dalam hal ini tentunya kabupaten/kota juga mempunyai hak untuk melakukan pembinaan. “Baik pemerintah kota, pemerintah provinsi, maupun dinas pendidikan kota dan provinsi juga harus banyak melakukan pembinaan, karena pendidikan ini bukan hanya tanggung jawab sendiri melainkan semua bertanggung jawab akan dunia pendidikan, bahkan tak terlepas dari pengaruh masyarakat dan keluarga,” tegasnya.

Jadi, siapa pun yang mengelola sekolah atau menanganinya sekolah tersebut, semua aspek harus bersinergi untuk memajukan Kota Palembang khususnya dibidang pendidikan. “Peralihan ini tentu saja meringankan beban Disdikpora. Kami juga sangat terbantu dan bersyukur dengan peralihan saat ini,” bebernya.

Sementara itu, Kepala SMKN 3 Palembang Hernawati mengatakan, pengelolaan saat ini diberikan ke Disdik provinsi. Artinya, selaku pendidik, mengikuti saja arahan dan kebijakan pemerintah dan selalu siap. ‘’Yang jelas kami akan selalu melaksanakan tugas dengan sebaik-baik,” tambahnya.

Selain itu, untuk saat ini pihaknya belum mendapat informasi apa-apa mengenai program maupun kebijakan baru dari Disdik provinsi. “Nanti, pada 7 Oktober  (hari ini –red) semua kepala SMA/SMK di Sumsel akan melakukan MOu integritas dan pengarahan dari Gubernur Sumsel. Ya, siapa tahu saja mungkin ada pengarahan kebijakan maupun program baru pasca perpindahan ke disdik provinsi,” pungkasnya. (korankito.com/eja)