Disdik Lahat Terus Tingkatkan Disiplin

Foto Bersama - Bupati Lahar Aswari Rivai didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lahat Sutoko usai memberikan bea siswa kepada Siswa-Siswi berprestasi di Gedung Serbaguna SMK Negeri 1 Lahat, Selasa (23/8).

Lahat – Dalam rangka meningkatkan kedisiplinan kerja pegawai, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Lahat setiap awal pekan menggelar apel di halaman kantor setempat.

Hal itu, menurut Kepala Disdik Lahat, Sutoko, dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya bidang pendidikan di Bumi Seganti Setungguan. ‘’Untuk menuju peningkatan pendidikan di Lahat maka instansi pelayanan pendidikan juga harus memiliki disiplin dan itu dimulai dari diri masing-masing pegawai yang datang tepat waktu,’’ tegas Sutoko kepada Koran Kito, Kamis (6/10).

Ia menjelaskan, Disdik sudah menggulirkan beragam program baik itu peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM), penyediaan infrastruktur pendidikan, hingga pemberian beasiswa pendidikan. ‘’Termasuk kuliah gratis bagi mahasiswa Akademi Komunitas Negeri (AKN) Lahat,’’ ujarnya.

Sutoko mengungkapkan, instruksi Bupati, H Aswari Riva’i yang menginginkan Lahat tetap mempertahankan citranya sebagai salah satu kota pendidikan di Sumatera Selatan (Sumsel), maka hal itu harus pula dimulai dari sistem pelayanan pendidikan yang disiplin. Tidak di institusi Disdik kabupaten, peningkatan disiplin juga dilakukan kepada seluruh jajaran Disdik di tingkat kecamatan. ‘’Bupati telah menegaskan akan terus memonitor sistem pelayanan pendidikan termasuk pengawasan terhadap pelajar,’’ katanya.

Bukan cuma bidang pendidikan, untuk menggenjot pelayanan kepada masyarakat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat telah membentuk tim penilaian terhadap 22 kecamatan. Tim itu terdiri dari unsur Dinas PPKAD, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Dukcapil, BKD, dan BPM PEMDES Bagian Hukum, dan Bagian Pemerintahan.

Tim tersebut akan melihat dan menilai sistem pelayanan di 22 kecamatan meliputi bidang baik Administrasi, pelayanan dan pemberdayaan masyarakat, kependudukan, kesehatan, pendidikan, pertanian, PKK, maupun kesadaran masyarakat membayar Pajak Bumi Bangunan (PBB). ‘’Program kinerja kecamatan digulirkan Pemkab Lahat termasuk salah satu upaya untuk mendukung program Lahat Bangkit 2018,’’ kata Sutoko.

Khusus bidang pendidikan, Sutoko mengaku, terus melakukan pemantauan terkait kinerja pegawai di setiap kecamatan. ‘’Untuk diketahui bahwa tidak lama lagi jajaran struktur Dinas Pendidikan ada perubahan dengan adanya pembentukan dinas baru,’’ katanya. (korankito.com/hasjim)