SMAN 1 Palembang Gelar 1 Muharam Bersama Anak Yatim

_dsc0038Palembang – Dengan niatan hijrah menjadi lebih baik, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Palembang mengajak siswanya merayakan tahun baru Islam 1 Muharam 1.438 H untuk berbagi bersama puluhan anak yatim piatu dari yayasan panti asuhan Al Hikmah, Rabu (5/10).

Sebanyak 143 tenaga pendidik honor plus PNS dan 1.377 siswa berbalut pakaian muslim berwarna putih. Siswa kelas X hingga kelas XII semangat ikuti perayaan tahun baru Islam. Dibuka dengan pembacaan ayat suci Alquran dan tausiyah agama, para siswa ini juga dihibur dengan nyanyian nasyid dari tim nasyid SMAN 1.

Acara ini bertujuan untuk lebih mengingatkan siswa tentang budaya Islam, pihak sekolah menginginkan siswanya agar lebih dapat memaknai apa sebenarnya makna dari berhijrah menjadi lebih baik. Dalam momentum acara ini, diharapkan siswa dan tenaga pendidik di sekolah dapat memperbaiki diri dan akhlak.

Kepala SMAN 1 Palembang Nasrul Bani mengatakan, intinya melalui acara ini diharapkan adanya perubahan untuk memperbaiki diri. Pada tahun 1.438 Hijriah ini harus introspeksi dari kesalahan sebelumnya.

“Sumbangannya dari penggalangan dana dari organisasi siswa intra sekolah (OSIS) melalui ekstakuriler Rohis. Bahkan, siswa nonmuslim pun diajak untuk merayakan acara ini,” jelas Nasrul.

Selain itu, diakuinya, pihaknya merayakan setiap hari besar keagamaan dan hari nasional. “Tidak ada instruksi dari dinas untuk upacara pada hari kesaktian Pancasila 1 Oktober lalu, hanya pada tanggal 30 September menaikkan bendera setengah tiang. Jadi, kami hanya merayakan hari besar keagamaan Islam saja karena memang diagendakan oleh sekolah tiap tahunnya,” tegasnya.

Siswa kelas X yang memberikan tausiyah, M Havis Satria menambahkan, harus selalu berbagi meski dalam kesusahan ataupun kekurangan. Kita tidak akan mengalami maupun merasa kekurangan selama ikhlas. “Baru kali ini saya bersama sekolah merayakan tahun baru Islam, jadi saya sangat bahagia bersama anak-anak dari yaitm piatu,” tambahnya.ejak