Penodong di Ampera Dicokok Sabhara

img_20161005_173128Palembang-Dua pelaku penodong yang meresahkan warga yang melintas di Jembatan Ampera, Jeri Nando (17) bersama rekannya Firdaus (28), berhasil ditangkap anggota Sabhara Polresta Palembang saat hendak beraksi, Selasa (4/10) malam.

Dari tangan kedua pelaku yang tercatat sebagai warga Jalan KH Azhari, Lorong Aur Gading, Kecamatan 7 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu (SU) I Palembang ini, ditemukan sebilah senjata tajam jenis pisau yang tersimpan di kantong celana Jeri.

Tersangka Jeri mengakui berencana melakukan aksi penodongan di atas Jembatan Ampera. Namun saat bersama Firdaus mencari-mari mangsa yang akan ditodong keburu ditangkap polisi.

“Benar, kami mau menodong di sana (Jembatan Ampera-red). Namu belum mau beraksi, masih mencari-cari mansa dulu, tapi sudah keburu ditangkap oleh polisi yang melintas di sana,” katanya, saat ditemui di ruang piket Satreskrim Polresta Palembang, Rabu (5/10) siang.

Ia juga mengaku pisau miliknya dibawa dari rumah untuk memuluskan aksi penodongan yang akan dilakukannya. “Pisau itu memang milik saya, dibawa dari rumah. Kalau menodong baru sekali ini, kalau lainnya kami pernah mencuri kuningan di rumah kosong yang berada di kawasan Kambang Iwak, tapi korban tidak membuat laporan,” kilahnya.
Di sisi lain, Firdaus mengaku hanya ikut-ikutan saja melakukan penodongan. “Waktu itu, saya sedang di rumah. Lalu ditelepon oleh Jeri ngajak nodong, karena tidak punya uang jajan jadi saya mau ikut. Sama dengan Jeri, baru sekali ini, kalau mencuri di rumah kosong sudah pernah, beraksinya bersama Jeri,” ujarnya.

Penangkapan kedua terdsangka bermula saat anggota Sabhara Polresta Palembang melakukan patroli rutin. Saat melintasi kawasan Jembatan Ampera, petugas melihat gerak-gerik kedua pelaku yang mencurigakan.

Kemudian, saat didekati petugas, kedua pelaku langsung kabur. Anggota Sabhara Polresta Palembang langsung melakukan pengejaran dan memangkapnya.
Kasat Sabhara Polresta Palembang Kompol Rachmat Syawal Pakpahan membenarkan adanya penangkapan pelaku. Menurutnya, kedua pelaku ditangkap anggota Sabhara Polresta yang sedang melakukan patroli di seputar Jembatan Ampera.

“Kedua pemuda ditangkap oleh anggota kami yang sedang melakukan patroli keliling. Saat digeledah ditemukan sajam, jadi keduanya langsung di gelandang ke Mapolresta Palembang,” ujarnya.deny