DPO Dua Polres, Sindikat Pencuri Truk Didor Petugas

img_1032

Palembang – Petugas Polsek Sukarami Palembang menangkap salah satu pelaku sindikat spesialis pencurian kendaraan jenis truk lintas Kabupaten di Sumsel. Aksi pelaku akhirnya terhenti di Palembang setelah Polsek Sukarami membekuk satu pelaku yakni Samsul Bahri alias Zul warga Dusun III, Kecamatan Tempirai, Kabupaten Pali Jumat (30/9) di Pulo Gadung, Kelurahan Sukarami, Kecamatan Sukarami.

Informasi yang dihimpun, jika penangkapan tersangka Samsul Bahri sempat mengalami kesulitan, karena tersangka berusaha menyerang petugas dengan menggunakan kunci ban mobil. Namun berkat kesigapan petugas polsek yang saat itu bersenjata lenkap, akhirnya pelaku dapat ditangkap setelah petugas menyarangkan sebutir timah panas dikaki kanannya.

Diketahui tersangka Samsul Bahri, di Palembang menjalankan aksi pencurian truk di Jalan PAM, Kelurahan Talang Kelapa, Kecamatan Alang – Alang Lebar, Kamis (29/9). Dihadapan petugas,tersangka mengaku jika dalam menjalankan aksinya dia tidak sendirian melainkan dibantu dua temannya HR dan Br (DPO).

Bahkan, saat beraksi dirinya bertugas sebagai pengawas lapangan sedangkan dua temannya sebagai eksekutor. “Dulu pernah beraksi sama dua teman saya, dan pada tahun 2011 mendekam di LP Muara Enim selama setahun setengah karena mencuri mobil L 300,” katanya, sambil menahan kesalitan akibat tindak tegas petugas.

Sementara itu, Kapolsek Sukarami Kompol Ahmad Akbar didampingi Kanit Reskrim Ipda Marwan mengatakan, jika pelaku merupakan spesialis pencuri kendaraan jenis truk lintas kabupaten di Sumsel. Dan setelah didalami, terungkap, jika pelaku merupakan sindikat pencurian truk.

“Pelaku merupakan sindikat antar lintas, dan modus yang digunakan pelaku, yakni dengan merusak pintu mobil menggunakan obeng dan kunci kontak palsu. Setelah berhasil mengambil mobil, mereka mengganti plat mobil dengan plat palsu yang sudah disiapkan sebelumnya, jelasnya.

Tidak hanya itu lanjutnya, pelaku merupakan DPO di Polres Lahat dan Pali dalam kasus yang sama pelaku dari tangan pelaku berhasil diamankan satu unit truk BG 9828 NQ yang sudah diganti pelaku. “Pelaku merupakan DPO sejumlah Polres, dan karena pelaku saat itu tengah melintas di Palembang kita langsung melakukan penangkapan. Dan pelaku juga akan dikenakan pasal 363 KUHP,” pungkas Akbar. (korankito.com/kardo)