Target Sumsel Meleset, Alex Noerdin Legowo

images-3

Palembang – Melesetnya target Sumatera Selatan (Sumsel) untuk masuk peringkat 10 besar di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XIX Jawa Barat, dapat diterima dengan lapang dada oleh Gubernur Sumsel, Alex Noerdin. Ia menilai jika gagalnya meraih target tersebut, bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Namun pihaknya menampik jika kekalahan Sumsel di tingkat nasional tersebut, merupakan akibat dari kecurangan tuan rumah. Alex merasa legowo jika hal tersebut tidak sesuai harapan dan tak ingin menyalahkan siapapun.

“Kita akan evaluasi mana yang salah. Tidak boleh alasan tuan tumah memihak. Kita sudah punya fasilitas, tinggal cari pelatih yang bagus. Insya Allah PON yang akan datang kita akan dapat hasil yang lebih baik,” tutur Alex

Alex Noerdin yang juga Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumsel ini menambahkan, beberapa faktor yang menyebabkan kegagalan di PON antara lain jajaran kepelatihan yang dianggap belum pas.

“Namun itu bukan faktor satu-satunya. Masih banyak  faktor yang menyebabkan itu. Kita terlalu fokus bangun sarana. Kita akan cari pelatih bagus mungkin dari luar negeri. Tapi kalau yang di dalam negeri lebih bagus, kenapa tidak,” ujarnya lagi.

Terpisah, Ketua Harian KONI Sumsel, Nasrun Umar mengatakan, pihaknya  akan mengevaluasi hasil dari pagelaran multievent olahraga nasional tersebut. “Mungkin pembinaan kita yang kurang. Itu akan kita evaluasi. Masalah pelatih juga akan kita evaluasi,” ujarnya.

Menurutnya, masalah pembinaan menjadi satu dari sekian faktor yang menyebabkan provinsi Sumsel hanya mampu meraih peringkat ke-21. Selain hal tersebut, faktor mencari pelatih yang berkualitas, akan menjadi prioritas agar pada event olahraga ke depan, Sumsel dapat memetik hasil yang lebih baik.

“Ya bisa saja kita ambil pelatih dari luar negeri. Tapi kalu yang dari dalam negeri lebih mumpuni, kenapa tidak? Kalau saya lebih mengedepankan produk lokal. Yang terpenting mampu membina atlet dengan baik,” tukasnya.

(korankito.com/resha)