Plaju Ulu Pertama Terapkan E-Kelurahan

download

Palembang – Sebagai satu-satunya kelurahan yang menerapkan elektronik kelurahan (e-kekurahan) di Palembang, Kelurahan Plaju Ulu Kecamatan Plaju mendapatkan penghargaan Kelurahan Terbaik Kedua se-Indonesia pada 15 Agustus 2016 lalu.

Lurah Plaju Ulu Winarno mengatakan, sistem keadministrasian berbasis IT sudah dimulai di kantornya sejak Januari 2016 lalu. Awalnya, dia hanya berniat untuk memudahkan pelayanan masyarakat meskipun dirinya tidak berada di tempat. Kini, segala laporan administrasi akan terkoneksi ke ponselnya dan kantor kecamatan.

“Sistem ini membuat saya jadi mudah sekali memantau setiap kegiatan kelurahan, termasuk berkas masuk yang membutuhkan wewenang tanda tangan saya,” ucap Winarno, Senin (3/10).

Senada, Sekretaris Kelurahan Plaju Ulu, Davy Angreana mengatakan, pelayanan yang dilayani berkaitan dengan kelurahan, seperti permohonan KK, KTP, pindah domisili, surat pernyataan domisili, pertanahan, legalisasi, ataupun pengantar cerai dan kematian. “Kami pastikan bisa melayani 5-10 menit sesuai dengan SOP. Dengan begitu, tidak menghambat warga dalam mengurus kebutuhannya,” ujar dia.

Menurutnya segala pelayanan bersifat online dengan entry data yang real time. Agar transparan, aplikasi e-Kelurahan juga bisa diakses masyarakat melalui website e-pemerintahan.com. Tak hanya memudahkan pendataan penduduk, sistem ini pun sangat mempercepat pelayanan administrasi ke masyarakat bekerjasama dengan PT. Telkom.

“Program ini langsung terkoneksi ke email Lurah meskipun beliau sedang keluar. Kami akan langsung menerima apakah disetujui atau ditolak. Kalau memang disetujui kami tinggal scan tanda tangan Lurah dan print berkasnya,” jelasnya.

Sebagai kelurahan yang mewakili Provinsi Sumatera Selatan dalam ajang lomba desa dan kelurahan 2016, Kelurahan Plaju Ulu ternyata menampilkan e-Kelurahan sebagai program unggulannya. Hal ini menjadi modal utama untuk memenangkan kompetisi ini.
Terpisah Kabid Pemberdayaan Kelurahan Badan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (BPMK) Palembang, Amir mengatakan, di Sumsel baru Kelurahan Plaju Ulu yang menggunakan e-kelurahan. Sementara di Indonesia baru dijalankan Kota Jakarta, Bandung, Makasar, dan Batam. Karena dinilai sangat efektif dalam pelayanan, ditargetkan semua kelurahan di Palembang menggunakan sistem serupa pada 2017 mendatang.

“Sarana dan prasarana saat ini menjadi kendala. Tapi kita terus upayakan menggodok juknis serta mempersiapkan Perwalinya,”beber Amir. (korankito.com/ria)