Jambret Bonyok Dihajar Masa

img_20161003_172742

Palembang – Pelaku penjambretan yang meresahkan warga sekitar Jalan Ahmad Yani, depan Universitas Bina Darma (Bidar) Palembang, yakni Bambang Ariyanto (18) warga Kampung Bali, Kecamatan Banyuasin I, Kabupaten Banyuasin berhasil ditangkap oleh warga, Senin (3/10) sore.

Tak pelak, pelaku harus mendapatkan bogem mentah dari warga yang sudah kesal atas perbuatanya. Beruntung anggota SPKT Polresta Palembang, langsung tiba di Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang langsung mengamankan pelaku dan digelandang ke Polresta Palembang.

Bambang ditangkap, usai melancarkan aksinya terhadap Desi Listriani (18) warga Kecamatan Seberang Ulu (SU) I Palembang, yang sedang menunggu jemputan dari kakak kandungnya. Sementara pelaku lainnya Putra, berhasil meloloskan diri dari kepungan warga.

Menurut pengakuan korban, sebelum peristiwa tersebut, ia dari rumah temannya yang berada di Lorong Tembok Batu, Kelurahan Plaju Darat, Kecamatan Plaju Palembang. Lalu, ia berhenti di depan Universitas Bidar untuk menghubungi kakak kandung itu.

“Saya mengeluarkan handphone Oppo untuk menghubungi kakak saya itu, lagi di BBM dia, tiba-tiba mereka berdua ini langsung merampas telpon itu dari tangan, saya menjerit minta tolong dan dibantu warga pelaku ditangkap,” ujarnya saat ditemui di ruang SPKT Polresta.

Sementara pelaku Bambang mengatakan, jika ia hanya diajak temannya Putra untuk melancarkan aksinya tersebut. Menurunya, ia betugas merampas barang milik korban, sedangkan temannya itu mengemudikan sepeda motor Honda Beat.

“Kami keliling-keliling, pas tiba di depan Bidar melihat ada korban, teman saya ini yang mengajaknya, katanya ambil hp itu. Saya ambil, ternyata korban ini berteriak jambret. Lalu, ada satu mobil yang menghadang kami, kami terjatuh dari motor, teman saya lari,” tambahnya.

Lanjutnya, ia mengaku baru sekali melakukan penjambretan, itupun terpaksa lantaran dipaksa oleh temannya tersebut. “Baru sekali ini pak, rencananya kalau berhasil mau kami jual, tapi sudah ditangkap duluan oleh warga,” ujarnya.

Disisi lain, Kasat Reskrim Polresta Palembang, Kompol Maruly Pardede ketika dikonfirmasi membenarkan adanya penangkapan pelaku penjambretan oleh warga tersebut, untuk penyidikan tersangka diserahkan ke Polsek SU I Palembang.

“Pelaku sudah kita amankan berikut barang bukti sepeda motor pelaku yang digunakan saat beraksi dan telepon genggam merk Oppo milik korban. Selanjutnya, sudah diserahkan ke Polsek SU I Palembang, untuk penyelidikan dan pengembangan,” jawabnya singkat. (korankito.com/denny)