Bisa Dipercaya

Sumsel Siap Tampung Pelatnas

p_20161002_114323

Palembang – Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin menyatakan keinginannya agar para punggawa pebulutangkis Merah Putih bisa berlatih di Gor Dempo Jakabaring Sport City (JSC,-red). Hal tersebut beralasan jika Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas,-red)  diboyong ke Provinsi Sumsel. Selain hunian wisma atlet berstandar Internasional, lapangan serta pebulutangkis bisa sekolah di SONS secara gratis.

Demikian disampaikan oleh Alex Noerdin saat Pelantikan Pengurus Provinsi Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Sumsel di Istana Gubernur, Minggu (2/9). Acara yang dihadiri oleh Kadispora Sumsel, H Akhmad Yusuf Wibowo, Jajaran Pengurus KONI Sumsel dan para insan olahraga tersebut merupakan pelantikan Ketua Umum Pengurus Besar PBSI Gita Wiryawan.

Berita Sejenis

Tim Satgas Lubuklinggau Cek Stok Jelang Natal

Temani Cari Ponsel, Pelajar SMA Diperkosa

Asah Otak Sebelum Tumpul

1 daripada 3.080

“Kita tahu Jakabaring Sport City telah berstandar Internasional, termasuk Gor Dempo tinggal ditambah hingga 6.000 sampai 7.000 seat diperluas secara representatif. Sehingga tidak ada salahnya jika Pelatnas di Cipayung kita minta disini. Mau Sekolah, kita juga ada dan gratis,” ujar Alex Noerdin.

Jika hal tersebut disetujui, bukan tidak mungkin Piala Thomas dan sejumlah single event Internasional siap digelar kapan pun di Kota Palembang. Berbagai fasilitas pendukung seperti Light Rail Transit (LRT) dan juga Tol Palindra menjadi fasilitas penunjang dalam kenyamanan atlet melakukan aktivitasnya.

Hal senada dikatakan Ketua Umum PBSI Sumsel masa bakti 2015-2019 H, Apriadi yang baru saja dilantik. Ia menegaskan jika Pelatnas diboyong di Palembang, tentu banyak tumbuh pebulutangkis Sumsel baik di Palembang maupun di kabupaten/kota.

“Kita berharap ingin tumbuh Ahsan dan Debby lainnya di Sumsel. GOR Dempo juga sering kita pakai untuk level nasional mulai dari Sirnas dan terbaru kemarin ASTEC,” harapnya.

Muhammad Ahsan sendiri adalah pebulutangkis asli putra daerah Sumsel yang melenggang ke Pelatnas yang saat ini juga dibina oleh PB Djarum. Pernah menorehkan medali emas Asian Games, juara All England Premier Super Series hingga juara BWF World Champhionships.

Sama halnya dengan jejak Debby Susanto yang menorehkan emas senagai wakil Indonesia di multievent Asian Games, juara Chinese Teipei Open Grand Prix Gold dan juga Renner Up French Open Super Series.

Sementara itu, menanggapi keinginan desentralisasi Pelatnas Gita Wiryawan mengatakan akan segera membahas hal tersebut kepada jajaran PBSI Pusat.

Menurutnya, diakui Gita Wiryawan, arah diboyongnya ke Sumsel bisa saja terjadi mengingat penawaran Gubernur Sumsel yang begitu meyakinkan. “Besok kita adakan rapat pleno dengan teman-teman di pusat, termasuk skema dan segala macam,” urainya.

Namun demikian, keinginan desentralisasi Pelatnas tak hanya diinginkan Sumsel tapi juga sebelumnya, Kalimantan, Pulau Jawa dan lainnya. Sehingga dalam hal ini Sumsel pun harus bersaing untuk merebut hal tersebut. (korankito.com/resha)