Simbel’s Extion, Peringati Kesaktian Pancasila

_dsc0124

Palembang – Peringati hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Oktober, Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 19 Palembang gelar 11 cabang perlombaan yang dimulai dari tanggal 1 – 2 Oktober 2016.

Bertemakan ‘Simbel’s Extion” atau SMAN 19 Extrakurikuler Competion, guna mengenang jasa pahlawan revolusioner dalam hari Kesaktian Pancasila, sebanyak 47 SMA/SMK/MA se-kota Palembang ramaikan event tersebut. Bahkan, dari pantauan Koran kito, dari 47 sekolah tersebut, 2 diantaranya berasal dari Kabupaten Banyuasin.

Kepala SMAN 19, Taufik menjelaskan, program ini rencananya akan diselenggarakan pada tahun kemarin (2015), namun karena waktunya belum memungkinkan jadi baru terwujud ditahun ini (2016). Selain sebagai sarana memperingati hari Kesaktian Pancasila dan jasa para pahlawan, salah satu tujuannya ialah untuk penyegaran bagi anak-anak kita dan menjalin silahturahmi antar sekolah, serta membangkitkan kreatifitas siswa dalam berorganisasi. “Alhamdulillah, acara ini 100 persen didanai oleh sponsor, baik dari tenda, hadiah, bahkan makanannya. Jadi, kami pihak sekolah hanya menyediakan tempat dan sama sekali tidak mengeluarkan uang sepeserpun,” jelas Taufik di ruang kerjanya, Sabtu (1/10).

Pesertanya overload, lanjutnya, takutnya dalam 2 hari tidak akan selesai. Dimana untuk lomba pengucapan pembukaan undang-Undang Dasar (UUD) 1945 ada 54 peserta, Pengibaran Bendera ada 23 peserta, Pidato Bahasa Indonesia ada 30 peserta, Lomba Teknik Baris-Berbaris (LTBB) ada 44 peserta putra dan 59 peserta putri.

Lalu, untuk LTBB campuran ada 32 peserta, lomba Nasyid ada 7 peserta, Membaca Tulis Al-Qur’an (MTQ) ada 30 peserta campuran, Speak Contest 39 ada peserta campuran, Story Telling 26 peserta campuran, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) ada 11 peserta campuran, mading 3D ada 14 peserta dan lomba Palang Merah Remaja (PMR) ada 28 peserta.

“Rencananya, kegiatan ini akan diagendakan tiap tahunnya. Untuk siswa yang menang akan dapat piala dan piagam, sedangkan juara umumnya akan mendapat piala bergilir,” tutupnya. (korankito.com/eja)