Bisa Dipercaya

Negara Berikan Penghargaan PAUD kepada Bunda Lisa

bunda-lisa-piagamAtas kegigihannya mengembangkan dan membina PAUD di Lahat, Bunda Lisa mendapatkan penghargaan tingkat nasional 2016.

Masyarakat Kabupaten Lahat lagi-lagi bangga karena salah satu warganya kembali mendapat penghargaan tingkat nasional, yakni Hj. R. Rukmi Kurnia Sismartianti menerima anugerah PAUD Nasional tahun 2016 dari Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, di Gedung Sansono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Kamis (29/9).

Sebelumnya, orang nomor satu di Lahat H Aswari Riva’i juga mendapat penghargaan bintang jasa dari Pemerintah Indonesia, di Istana Negara, pertengahan bulan lalu.

Anugerah PAUD Nasional yang diraih Bunda Lisa — sapaan akrab Hj. R. Rukmi Kurnia Sismartianti— tersebut satu dari puluhan anugerah PAUD yang disematkan ibu negara melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Bunda Lisa yang juga istri Bupati Lahat itu dinilai memiliki prestasi dalam mengembangkan dan membina pendidikan anak usia dini.

Dalam sambutannya Ibu Negara memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada para Bunda PAUD yang datang dari berbagai wilayah Indonesia atas kontribusinya bagi bangsa dan negara. Dan juga menyampaikan penghargaan kepada seluruh lapisan masyarakat yang turut serta memajukan PAUD. “Selamat kepada para Bunda PAUD yang telah mendapatkan penghargaan PAUD tingkat nasional ,” ujar Ibu Negara, Iriana Jokowi.

Mendikbud dalam sambutan menganalogikan benih sebagai anak-anak Indonesia, dan bunga sebagai manusia Indonesia seutuhnya. Melalui pepatah tersebut, ia mengajak Bunda PAUD dan seluruh lapisan masyarakat untuk menyemai benih-benih. Serta merawat dan melindunginya agar kelak bisa tumbuh menjadi bunga-bunga bangsa yang memberikan kemanfaatan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. “Tidak ada cara lain kecuali memberikan layanan pendidikan dan kesehatan kepada anak-anak usia dini dan anak-anak kita. Karena merekalah yang akan mengelola bangsa dan negara ini,” katanya.

Sementara itu, Bunda PAUD Lisa,  juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memberi penghargaan  bunda paud tingkat nasional itu. “Mungkin program-program tersebut yang menjadi tolak ukur dari Bunda PAUD tingkat Nasional untuk memberikan kita penghargaan. Dan tentunya saya tidak bekerja sendiri, ada tim PAUD yang kita bentuk dan melibatkan instansi terkait yang dipimpin Dinas Pendidikan juga,” jelasnya.

Bunda Lisa yang juga menjabat sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Lahat  merencanakan inovasi lain untuk meningkatkan kualitas PAUD di Lahat. Ia merencanakan membangun TK inklusif di Bumi Seganti Setungguan. Sekolah itu merupakan sistem pendidikan bagi peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan untuk mengikuti pendidikan bersama dengan peserta didik pada umumnya. “Pilot project selanjutnya adalah, kita ingin menggabungkan anak-anak yang memiliki kelainan dengan anak normal dengan membangun TK. Agar mereka memiliki rasa empati sehingga mereka bisa membaur menjadi satu,” harap Bunda Lisa.

Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Lahat, Sutoko mengungkapkan, anugerah yang didapat Bunda Lisa merupakan penghargaan atas kegigihanya dalam mengwujudlan satu desa satu PAUD bahkan upaya pembinaan dan pengembangan PAUD di Lahat berjumlah 444 PAUD telah menunjukan capaian yang membanggahkan. ‘’Bahkan Bunda Lisa punya program satu jam bermain bersama peserta didik PAUD,’’ paparnya.adv/hms