Mensos dan Gubernur Serahkan Dana PKH

mensos-dan-gubernur-serahkan-dana-pkhBersamaan dengan momen peringatan HUT Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) ke-60, Kementerian Sosial RI secara resmi menyerahkan bantuan untuk warga Muba. Bantuan yang diserahkan berupa pencairan dana bagi penerima Program Keluarga Harapan (PKH).

Penyerahan bantuan dilakukan langsung Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa bersama Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, dalam rangkaian peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) dan Bulan Bhakti Karang Taruna (BBKT) tahun 2016 di Perumahan Serasan Sekate, Kelurahan Balai Agung Sekayu, Kabupaten Muba, Rabu (28/9).

Peringatan HKSN diisi dengan kegiatan khitanan massal, berobat gratis, donor darah, bedah rumah serta temu warga Perumahan Becak. Seluruh kegiatan dipusatkan di kawasan layanan sosial terpadu di Perumahan Serasan Sekate (Perumahan Becak), Kelurahan Balai Agung.

Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan, total penerima dana program PKH di Sumsel menjadi 98.000 jiwa. Sementara untuk seluruh Indonesia warga penerima bantuan sosial PKH berjumlah 6 juta lebih.

Menurut Khofifah, banyaknya penerima dana program PKH bukan berarti angka kemiskinan di Indonesia meningkat karena pemberian bantuan dana PKH adalah bentuk kepedulian pemerintah terhadap warga negaranya.

“Semakin bertambah anggota PKH bukan karena kemiskinan bertambah. Ini merupakan program mensejahterakan rakyat,” ujarnya.

Khofifah Indar Parawansa, menegaskan, peringatan HKSN secara nasional memiliki tema One Day One Care dengan harapan diantara kita semua yang memiliki kelebihan bisa berbagi antar sesama yakni satu orang satu. “Hari ini kita ingatkan kembali bahwa satu orang bisa menjadi orang tua asuh,” terangnya

Gubernur Alex Noerdin menambahkan, Program Keluarga Harapan (PKH) yang digulirkan Kementerian Sosial RI di Kabupaten Musi Banyuasin merupakan yang pertama dan ditujukan untuk mensejahterakan masyarakat.

Menurutnya, upaya lain untuk mensejahterakan masyarakat terus digulirkan pemerintah Sumsel di antaranyan pertama kali di Indonesia dilakukan upaya mencerdaskan dan menyehatkan masyarakat melalui program sekolah gratis dan berobat gratis.

“Program ini memberikan harapan, apalagi Muba bukan kabupaten sembarangan melainkan salah satu kabupaten terkaya di Sumsel,” ujar Alex Noerdin

Sementara, Pemberian PKH disambut antusias oleh semua penerima PKH. Apalagi, mulai November anggota penerima PKH di Muba akan bertambah hingga mencapai 4 ribu lebih.

Dalam kunjungan ini, Khofifah Indar Parawansa juga melakukan penyerahan berbagai bantuan yakni pencairan dana bagi penerima Program Keluarga Harapan (PKH), penyerahan bantuan sembako, bantuan disabilitas, bantuan bedah rumah bagi lansia serta berbagai bantuan lainnya.

Total bantuan yang digelontorkan Kementrian Sosial RI untuk Provinsi Sumsel mencapai Rp 785.373.854.636. Bantuan ini tersebar di seluruh Kabupaten/Kota di Sumsel. Sementara, total bantuan kementrian Sosial kepada Kabupaten Muba mencapai Rp 61.472.001.650.adv/hms