Bisa Dipercaya

Keluarga Pilar Utama Bangun Karakter Anak

img_20160603_202929_ao_hdr

Palembang – Keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak sejak dini sampai dewasa. Sebagai unit terkecil dari tatanan suatu bangsa, keluarga menjadi pilar utama dalam pembangunan yang berkualitas. Hal ini sampaikan Wakil Walikota (Wawako) Palembang, Fitrianti Agustina usai menghadiri kegiatan memperingati Hari keluarga Nasional (Harganas) di Gedung Wanita Rajawali, Kamis (29/9).

“Pembentukan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dimulai dari keluarga. Dimulai dari sejak dalam kandungan hingga anak berusia dua tahun,” ungkapnya.

Berita Sejenis
1 daripada 5

Ia menjelaskan masa-masa seperti itu dimana si anak harus mendapatkan stimulan yang cukup. Cukup gizi dan vitamin untuk menunjang pertumbuhan yang baik. Masa itu lah merupakan masa emas dalam pertumbuhan anak. “Keluarga harus terus lakukan stimulasi kepada anak agar tumbuh dan berkembang secara optimal,” ujarnya.

Dari fase balita anak akan masuk diusia remaja. Dimana menurutnya di usi remaja ini merupakan usia rentan. Dimasa ini anak sedang dalam pencarian jati diri. Disinilah dibutuhkannya pendampingan dari keluarga dan orang tua yang optimal untuk bisa memberikan araha-arahan dan bimbingan kepada si anak.

Untuk tidak terpengaruh dengan lingkungan dengan berbagai macam karakter. Karena lingkungan dominan menentukan karakter anak. “Masa remaja merupakan masa pancaroba untuk menentukan masa depan anak kedepannya. Perlu perhatian yang lebih lagi di masa remaja seperti ini,” katanya.

Peran dari keluarga harus memenuhi 4 komponen yakni keluarga berkumpul, keluarga berintegrasi, keluarga berdaya dan keluarga perduli. Dengan ke-empat komponen tersebut akan menjadi wahana yang utama dalam pemenuhan asah, asih dan asuh.

Keluarga menjadi pilar media dalam pembangunan karakter untuk mengatasi pengaruh negatif yang diterima anak. “Dengan ke-empat peran itu akan memacu keluarga Palembang untuk bisa menghasilkan generasi yang berkualitas,” tukasnya.

Sementara itu Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kota Palembang, Heri Aprian mengatakan sudah menjadi peran BKBPP Palembang sebagai fungsi pengendalian penduduk dan kualitas keluarga. Harus bisa bersinergi dan berkoordinasi serta menjalin kerjasama dengan stake holder yang ada melalui pembinaan keluarga yang ada di masyarakat.

“Sudah menjadi tugas kita untuk memberikan sosialisasi dan pengarahan kepada orang tua bagaimana membentuk keluarga berdasarkan empat komponen diatas,” tukasnya.  (korankito.com/ria)