Bunda Lisa Raih Penghargaan PAUD Nasional

bunda-lisa-selalu-bersama-anak-paudAtas kerja nyata yang dilakukannya selama ini melalui program mewujudlam satu desa satu PAUD, Hj R Rukmi Kurnia Sismartianti yang diakrab disapa bunda Lisa itu mendapatkan anugerah PAUD Nasional.

 

Bunda PAUD Kabupaten Lahat, Hj R Rukmi Kurnia Sismartianti dijadwalkan menerima anugerah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tingkat nasional 2016 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), besok.

Dalam undangan yang disampaikan Direktur Jenderal PAUD Dikmas, Kemdikbud disampaikan, acara penyerahan anugerah tersebut akan diawali dengan pembukaan kegiatan pada hari ini, sedangkan pemberian anugerah dilaksanakan besok di gedung Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah (TMNI).

Surat Dirjen PAUD tertanggal 15 September 2016 yang ditandatangani Direktur Pembinaan PAUD, R. Ella Yulaelawati, R tersebut menindaklanjuti surat nomor 485/C2.4/DU/2016 tanggal 19 September 2016 tentang Pemberian Anugerah PAUD 2016.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Lahat, Sutoko, anugerah tersebut memang layak diterima bunda Lisa —sapaan akrab Rukmi Kurnia Sismartianti — karena perjuanga istri Bupati Lahat, H Aswari Rivai itu berhasil mewujudkan satu desa dengan satu PAUD. ‘’Sudah layak sekali bunda PAUD Lahat yang kerap dipanggil bunda Lisa itu mendapatkan anugerah PAUD tingkat nasional melihat perjuangan dan gagasannya sudah terbukti menciptakan satu desa satu PAUD,’’ ujar Sutoko, Selasa (27/9).

Ia juga menjelaskan, bunda Lisa selama ini memang cukup komit dan langsung memperhatikan pentingnya pendidikan di mulai usia dini.

Sementara itu, Bunda PAUD Kabupaten Lahat, Hj Raden Rukmi Kurnia Sismartianti, mengaku apa yang dilakukannya itu merupakan wujud dari kecintaan terhadap generasi penerus di Bumi Seganti Setungguan. ‘’Siapa lagi yang harus peduli dan memperhatikan anak-anak Lahat dari sejak dini, kalau bukan kita semua yang saat ini masih bisa berperan,’’ ujarnya.

Ia juga menyampaikan, apa yang dilakukan bukan semata-mata untuk sebuah penghargaan melainkan langkah nyata demi masa depan anak-anak Lahat. ‘’Terima kasih kepada seluruh masyarakat Lahat atas kepeduliannya terhadap anak-anak, semoga apa yang kita lakukan menjadi barokah serta mendapat ridho Allah,’’ paparnya.

Seperti diketahui, apa yang dilakukah Bunda Lisa dengan mewujudkan 100% program satu desa satu PAUD di Lahat mendapat apresiasi Bunda Paud Sumsel, Hj Eliza Alex Noerdin dengan menobatkan bunda Lisa sebagai Bunda PAUD Lahat, beberapa waktu lalu. ‘’Perlu diingat PAUD itu adalah taman bermain, jadi kepada para pendidik diminta tidak membebani siswanya dengan materi yang berat. Untuk itulah, biarkan anak-anak menikmati masa bermainnya. Tugas kita di PAUD mengontrol dan mengarahkannya ke hal positif bagi mereka,” papar Bunda Lisa.

Tidak cuma itu, Bunda Lisa juga terus menjalankan program satu jam mengajar di kelas PAUD sebagai kegiatan rutin yang dicanangkan pengurus PKK bersama Dinas Pendidikan Lahat, selain sebagai ajang silaturahmi dengan masyarakat juga untuk melihat perkembangan program PAUD di Bumi Seganti Setungguan. ‘’Program mengajar satu jam digulirkan untuk silahturahmi dan meninjau pendidikan khususnya anak-anak,’’ papar Bunda Lisa.

Menurutnya, satu jam mengajar tersebut akan terus dilakukan sehingga dapat terlihat jelas perkembangan pendidikan anak-anak usia dini, karena mereka adalah generasi penerus yang akan memimpin Lahat ke depan.adv/hms