SMAN Sumsel Gelar Seminar Penanaman Budi Pekerti

img_2019

Palembang – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Sumatera Selatan (Sumsel) gelar seminar penumbuhan budi pekerti dengan tema “Maju Bersama, Hebat Semua”, “Rela Berbagi, Ikhlas Memberi”.

Plt. Kepala SMAN Sumsel, Nanang Adi Prayitno mengatakan, anak-anak yang dititipkan oleh orangtua di sekolah merupakan tanggung jawab kita bersama untuk mendidik dan mengayominya. Dengan adanya seminar ini semoga kita bisa mendidik anak-anak kita lebih baik dan menumbuhkan budi pekerti luhur pada diri mereka.

“Anak didik itu adalah titipan orangtuanya, jadi kami akan benar-benar mengawasi tumbuh kembangnya di sekolah karena sekolah ini adalah asrama,” ujarnya.

Pemateri sekaligus psikolog dari lembaga pendidikan Carissa, Gonny T. Wicaksono mengungkapkan, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan anak remaja dari aspek kognitif dan afektif. “Jadi, penanaman budi pekerti itu harus ditanamkan kepada anak sejak mereka masih usia sekolah dasar bahkan sedini mungkin oleh orangtuanya,” jelas dia dalam materinya.

Sementara pemateri kedua sekaligus narasumber nasional gerakan pendidikan keluarga wilayah Sumsel, Syaiful Bahri menjelaskan, hal-hal yang harus dilakukan oleh orang tua untuk melakukan pengasuhan positif pada anak dengan memperhatikan aspek-aspek yang ada dalam tahap perkembangan anak. Aspek-aspek tersebut meliputi aspek sosial, aspek perasaan, aspek berpikir, dan aspek fisik. “Semoga dengan seminar ini, kami semua bisa menerapkan lebih baik lagi pembelajaran dengan penumbuhan budi pekerti di sekolah kami dan bersama dengan orang tua untuk memberikan pengasuhan yang tepat dalam rangka penumbuhan dan pembiasaan perilaku positif,” tutupnya. (korankito.com/eja)