JPO Cinde Mulai Dibongkar, Pemkot Sediakan Tempat Reklame

Jpeg

Jpeg

Palembang – Waskita Karya mulai melakukan pembongkaran Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang ada di kawasan Pasar Cinde. Sejumlah pekerja dari Waskita Karya mulai melakukan pembongkaran JPO di kawasan Pasar Cinde atau di depan Bank Mandiri. Pembongkaran dilakukan secara manual dengan menggunakan pukul atau alat berat. Tangga JPO pun satu persatu mulai dipecahkan sehingga terlihat sudah tak bisa digunakan lagi.

Selain itu juga pagar disepanjang jembatan sudah dibongkar sejak semalam. Bukan hanya itu besi-besi sebagai penahan jembatan sudah dipasang. Sekertaris Project Management Unit (PMU) Light Rail Transit Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatra Selatan, Wahidin mengatakan, pembongkaran JPO dapat dikatakan mendesak untuk kelancaran pembangunan LRT.

Pembongkaran dilakukan sesuai dengan surat yang dikirimkan Pemerintah kota Palembang atas pembongkaran JPO yang ada disepanjang jalur LRT di Palembang. Karena itu selaku pihak pengerja LRT, pihaknya mulai melakukan pembongkaran sejak tadi malam (Senin-red).  “Ini sesuai intruksi dan surat dari Pemkot kepada Waskita Karya yang diterima Waskita pada 16 Agustus lalu yang ditanda tangani oleh Plt Sekda saat itu Kurniawan,” ungkap dia.

Menurutnya, pembongkaran JPO ini juga tak asal bongkar karena butuh  mekanisme pembongkaran agar tidak menganggu lalu lintas jalan di sekitaran JPO saat pembongkaran. Ia menjelaskan, ada beberapa JPO di sepanjang jalur LRT yang dibongkar. JPO tersebut adalah milik pemkot Palembang sehingga pihaknya terus berkoordinasi dengan pemkot Palembang untuk hal itu.

Sebab saat ini pembangunan LRT sendiri bukan hanya sebatas pemasangan tiang pancang struktur bawah LRT, melainkan sudah mulai pemasangan girder (jembatan penghubung antar tiang LRT).

“Sebagian besar sudah mulai dilakukan pemasangan girder. JPO harus dibongkar karena dapat menganggu pelaksanaan pembangunan di lapangan,” terang dia.

Selain itu, pihaknya juga tengah dalam proses pembangunan tiang LRT yang berada di persimpangan jalan raya. Contohnya di Simpang Bandara, Simpang Flyover Polda Sumsel, Simpang TAA-Bandara, persimpangan Jalan Angkatan 45-Demang Lebar Daun, persimpangan Palembang Icon, Simpang RS Charitas dan sebagainya.

“Ini teknis dan mekanismenya cukup memakan waktu. Karena ada sejumlah utilitas di lokasi tersebut, juga lalu lintas perlu diperhatikan. Ini bertahap dan sekarang sebagian sudah mulai jalan. Ada yang sedang pengukuran padatnya lalu lintas, pengecekan utilitas juga ada yang sudah dalam pemasangan tiang pancang,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga telah menimbun kolam retensi yang ada di Simpang Palembang Icon. Alasannya karena jalur LRT di lokasi tersebut mengharuskan adanya lahan yang lebih luas. “Untuk kolam retensi yang ada di Simpang Flyover Polda Sumsel, kita upayakan tidak ada penimbunan. Sehingga jalur LRT hanya akan melintas diatas kolam retensi sementara tiang struktur bawah akan dibangun di sekitar flyover itu,” tandasnya.

Sementara itu, Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, Pemkot telah menyampaikan surat untuk pembongkaran JPO kepada pihak Waskita Karya selaku eksekutor yang melakukan pembongkaran. Menurutnya Pemkot mendukung penuh apapun untuk mendukung Asian Games 2018 mendatang.

Lanjut dia, saat ini Waskita Karya telah mulai melakukan pembongkaran dan berapa lama pembongkaran itu pun menjadi tanggung jawab Waskita Karya. “Pemkot dalam hal ini hanya akan menyediakan tempat untuk reklame yang terkena dampak dari pembongkaran JPO ini,” jelasnya.

Pihaknya, lanjut Harno, akan menyediakan space khusus untuk reklame sehingga tetap bisa terpasang. Harno pun menjelaskan pihaknya tentu meminta ganti rugi terkait dampak dari pembangunan LRT ini. “Bukana hanya JPO saja namun lampu, taman dan lainnya juga kita akan bicarakan terkait ganti rugi ini,” kata dia.

Dirinya belum mengetahui pasti apa jenis ganti rugi namun pihaknya meminta seperti taman yang rusak agar bisa dibangun kembali. “Kita sudah minta ini kepada Waskita Karya dan akan dibicarakan lagi,” tuturnya. (korankito.com/ria)