Bisa Dipercaya

Cegah Banjir Di Srijaya, Harnojoyo Instruksikan Normalisasi Sungai Dan Buat Kolam Retensi

img_8390

Palembang – Gotong-Royong yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan Satuan SKPD kembali menyusuri anak sungai yang banyak tertutup sampah yang berada di kelurahan Srijaya. Hampir dipastikan dampak dari sampah yang menumpuk dianak sungai Setiap hujan air selalu menggenangi kawasan Jalan Tri Sukses RT 36-41 kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-Alang Lebar.

Bersama ratusan masyarakat, unsur Kepolisian Sektor Sukarame, Anggota TNI, serta pegawai Pemerintah Kota Palembang, Minggu (25/9), Walikota Palembang H. Harnojoyo memimpin langsung untuk melihat apa yang menyebabkan kejadian ini.

Berita Sejenis
1 daripada 6

Setelah melakukan kegiatan Gotong Royong selama kurang lebih 2 jam akhirnya Walikota Palembang kembali dengan memberikan harapan kepada warga untuk menormalisasi sungai tersebut,bahkan berdasarkan kesepakatan antara Pemkot dan Warga di wilayah ini akan dibangunkan Waduk.  Karena menurutnya itulah solusi terbaik agar genangan air yang ada tidak lagi sampai pada volume yang sangat tinggi.

“Besok kita akan melakukan normalisasi sungai di wilayah ini dengan mengeruk pendangkalan sungai dengan menggunakan alat berat mulai dari daerah irigasi sampai ke Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-Alang Lebar, mudah-mudahan dengan diadakannya kegiatan normalisasi ini akan dapat mencegah banjir khususnya di wilayah rt 41 kelurahan srijaya kecamatan alang-alang lebar ini” ujar Harnojoyo di hadapan ratusan masyarakat yang telah selesai melakukan pelayanan gratis dari Pemkot Palembang.

Harnojoyo juga  mengemukakan saat ini sejumlah anak Sungai Musi mengalami pendangkalan karena endapan tanah dan tumpukan sampah dari masyarakat sehingga menjadi salah satu penyebab banjir saat musim hujan. Oleh karenanya saya tidak akan pernah lelah untuk merubah mainset masyarakat kota Palembang agar merawat dan mencintai lingkungan salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Kesadaran warga untuk membuang sampah pada tempatnya terbilang masih kurang. Sungai dianggap sebagai kotak sampah besar, jadi siapa pun bisa membuang sampah di sana, inilah persoalannya,” ujarnya.

Sementara itu Nando (27) Warga Kecamatan Alang-alang lebar sangat berterima kasih dengan kedatangan Walikota Palembang H. Harnojoyo beserta jajaran mengajak masyarakat untuk bersama-sama bergotong royong mencarikan solusi agar genangan air di wilayah kami cepat teratasi, “Baru kali ini banyu amper sampe masuk rumah, lah masuk ujan ini takutnyo kagek laju tambah tinggi. Tapi alhamdulillah dengan apo yang sudah dilakukan Walikota Palembang hari ini dapat mengatasi permasalahan kami”. (korankito.com/ria)