Gugus 1 Tingkat SD kecamatan IB I Ikut Lomba KKG Tingkat Kota

_ssc0224

Palembang – Kelompok kerja guru (KKG) gugus 1 rayon 1 tingkat sekolah dasar (SD) di kecamatan Ilir Barat (IB) I, ikuti lomba gugus KKG tingkat SD se-kota Palembang. Dalam gugus 1 rayon 1 kecamatan IB I ada5 Sd yang ikut berperan aktif untuk memenangkan lomba antar gugus tingkat kota Palembang, Dimana SDN 1 Palembang menjadi induk classter dari beberapa sekolah lain, seperti SDN 3, SDN 4, SDN 8 dan SD Harapan Mandiri.

Juri gugus se-kota Palembang, Tajuddin Mural mengatakan, ada dua hal yang tiga aspek yang akan dinilai dalam lomba ini, yaitu administrasi, kegiatan yang dikerjakan setiap pertemuan, dan hasil dari KKG yang mereka kerjakan. “Tujuannya untuk memenuhi 8 standar nasional pendidikan (SNP) dari tiap gugus maupun ssekolah, kami menilai pertemuan mereka efektif atau tidak,” beber dia.

Gugus 1 rayon 1 ini mewakili kecamatan IB I untuk tingkat kota Palembang. Penilaiannya sendiri dari tiap kecamatan dimulai dari 21 hingga 30 September 2016 dan pemenang tingkat kota akan dikirim ketingkat provinsi.

Senada, pengawas TK/SD IB I sekaligus pembina gugus 1 rayon 1, Harun Al Rasyid menuturkan, kegiatan ini sangat baik untuk meningkatkan mutu dan profesionalitas guru, dimana KKG ini diisi dengan berbagai kegiatan yang mengacu pada peningkatan 8 SNP. “Di gugus ini pembinaannya setiap hari jum’at yang dibagi tiap tingkatan kelasnya. Kami juga mengundang narasumber yang berkompeten mengenai 8 SNP tersebut. Kedepannya, pengembangan keprofesionalitasan guru itu cocok melalui KKG per gugus,” jelas dia di SDN 1 Palembang seusai melakukan penilaian dalam lomba KKG, Jum’at (23/9).

Pesertanya sendiri, lanjutnya, dari SDN 1, SDN 3, SDN 4, dan SDN 8 serta SD Harapan Mandiri. “Ada 5 SD yang berpartisipasi dan satu diantaranya adalah SD swasta. Kecamatan IB I sendiri ada 7 gugus dan gugus 1 yang menang saat lomba tingkat kecamatan dan mewakili untuk tingkat kota. Kita fokuskan 4 dari 8 standar yang ada. Kami optimis dan berharap tahun ini bisa mewakili menuju tingkat provinsi,” harapnya.

Sementara itu, Kepala SDN 1 PAlembang, Nurhasanah mengaku, jika pihaknya telah mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari. Jadi, setiap program kerjanya sudah lengkap dan sudah siap untuk ditampilkan kepada penilai dan pengawas. “Tahun lalu kami belum bisa melenggang ke tingkat provinsi. Tapi tahun ini kami yakin dengan persiapan yang kami lakukan untuk menjadi perwakilah tingkat provinsi,” tutupnya. (korankito.com/eja)