Bisa Dipercaya

Kegiatan Pramuka Muhammdiyah Tekankan Nilai Religius

_ssc5683Palembang – Sebanyak 1.680 praja muda karana (Pramuka) Muhammadiyah tingkat penegak mengikuti kegiatan perkemahan Gema Muhammadiyah ke-12 di Bumi Perkemahan Cadika, Palembang, Rabu (21/9).

Kegiatan ini rutin diadakan setiap tahun guna mempererat persaudaraan antar anggota Pramuka Muhammadiyah se-Sumsel. Pramuka Muhammadiyah ini lebih menekankan nilai religius dalam setiap kegiatan.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel selaku sebagai Ka Kwarda Gerakan Pramuka Sumsel, Mukti Sulaiman, mengatakan, pemerintah Sumsel akan mendukung kegiatan Pramuka Muhammadiyah.  Kewajiban pramuka itu untuk membantu pemerintah guna menjaga lingkungan, seperti reboisasi seusai kebakaran hutan.

Berita Sejenis
1 daripada 3.097

“Doktrin Pramuka Muhammadiyah yaitu amar ma’ruf nahi munkar, dan pramuka pada umumnya adalah cinta tanah air. Kami berharap, kegiatan ini akan berlanjut dan lebih meriah lagi ke depannya,” ujar Sekda Sumsel ini usai memukul gong tanda dibukanya perkemahan Gema Muhammadiyah ke-12 di Bumi Perkemahan Cadika Palembang, Rabu pagi.

Hal senda dikatakan wakil kepala majelis pembimbing gugus depan (wakamabigus) sekaligus Wakil Rektor 3 Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP), Muchsiri Muktarudin. Menurutnya, pihaknya akan mengadakan evaluasi pada setiap kegiatan sehingga peran Pramuka Muhammadiyah semakin luas.

“Tidak hanya sebatas kegiatan perkemahan, kami juga berencana melakukan pelayanan publik kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan,” tambahnya.

Ketua Pelaksana Kegiatan Perkemahan Gema Muhammadiyah ke-12, Apriadi Budi Santoso mengungkapkan, ada sebanyak 1.680 penegak pramuka se-Sumsel yang ikut berpartisipasi. Dimana ada 108 sangga putra dan 105 sangga puteri, dengan total tenda yang didirikan sebanyak 213 unit.

“Kegiatan pramuka Muhammadiyah ini lebih menekankan nilai religius, saat pramuka lain sibuk mengadakan kegiatan yang bertepatan dengan suara adzan, maka kami segera menghentikan aktivitas untuk shalat berjamaah,” katanya.korankito.com.ejak