Didatangi Wawako 40 Pengusaha Tahu Tempe Buat Ipal Swadaya 

20160915_152028

Palembang – Wakil Walikota (Wawako) Palembang Fitrianti Agustinda, Kamis (15/9) sanjo (melakukan kunjungan) kesejumlah usaha rumahan pembuatan tahu dan tempe di Kelurahan Bukit Sangkal Kecamatan Kalidoni Palembang.

Kunjungan yang dilakukan Finda sapaan akrab perempuan ini untuk menanggapi berbagai laporan pengaduan warga Tanjung Sari dan Purwosari mengeluhkan pembuangan limbah pabrik tahu dan tempe yang dibuang parit.

“Dimana, berdasarkan hasil diskusi untuk mencari jalan terbaik dari persoalan tersebut, pengusaha tahu dan tempe yang berjumlah 40 an di wilayah tersebut, siap menyediakan pengelolaan limbah secara swadaya,” kata Finda.

Selama pembuatan Instalasi Pembuangan Air Limbah (Ipal ) secara swadaya ini, kata Finda Badan Lingkungan Hidup (BLH) akan melakukan pengawasan agar limba sisa pembuatan panganan rumahan ini tidak lagi mencemari lingkungan.

“Tadi sudah ada pembicaraan, mereka bersedia atau sepakat untuk bekerjasama agar limbah tersebut tidak kemana-mana. Dan kita akan berkoordinasi langsung dengan BLH untuk melakukan pengawasan terhadap pengusaha tahu dan tempe,” jelasnya.

Jika masih ditemukan adanya pelanggaran dari pengusaha tahu dan tempe ini, pihaknya akan memberikan sangsi yang tegas. “Jika masih ditemukan maka ada sanksi atas perbuatan yang merusak lingkungan sesuai aturan Undang-undang,” ujarnya.

Sementara itu, Slamet salah satu warga Tanjung Sari mengungkapkan, pembuatan Ipal secara swadaya hanya akal-akalan pelaku usah tersebut. Menurutnya, selama ini telah ada Ipal hanya saja tidak digunakan sebagaimana mestinya,pengusaha tahu dan tempe ini lebih memilih cara yang mudah sisa limbah langsung dibuang keparit. “Sejak tahun 1993 kami nih cuma menahan bau yang ditimbulkan limbah oleh usaha rumahan pembuatn tahu dan tempe ini,” tegasnya.

Sebelumnya,kata Slamet, warga telah melaporkan kepada RT, hanya saja tidak ada tindakan. “Padahal BLH sudah minta agar pengusah tahu tempe ini mengunakan Ipal,” tegasnya. (korankito.com/ria).