Kalahkan Tuan Rumah, Srikandi Catur Persembahkan Medali Pertama Untuk Sumsel

images-3

Jabar – Meskipun pembukaan Pesta Olahraga PON XIX Jabar belum dibuka, beberapa cabang olahraga termasuk Catur sudah menjalani kompetisi. Dan menariknya, hasil luar biasa sebagai pemecah medali pertama bagi Sumsel datang dari cabang olahraga papan strategi lewat duet hebat lima Srikandi catur Sumsel di nomor catur kilat beregu putri.

Bermain di Hotel Safoy Kota Bandung, Wasit Nasional pada, Kamis (15/9) malam memutuskan meraih medali perak setelah kelimanya berhasil mempecundangi tim tuan rumah dengan memaksa harus diposisi ketiga dengan meraih perunggu. Sementara medali emas diraih oleh DKI Jakarta.

“Alhamdulillah, kita berhasil meraih perak. Ini adalah hasil dari Akademi Catur Sumatera Selatan karena kelima putri daerah adalah pertama kali main,” ujar Sekretaris Umum Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sumsel Mursili Tjik Aman.

Kelima Srikandi catur tersebut adalah Alivia Novyansari WCM, Nyimas Shieta Prima MPW, Nyimas Sonya Nafa MPW, Xena Lorens dan Alicia Fitri Wahida.

Dikatakan melalui telepon selulernya, Mursili menyatakan bahwa ini adalah hasil awal karena ada beberapa nomor yang belum dilalui. Salah satunya adalah nomor mix lewat duel andalan Alivia Novyansari dan Kasmiran CS. Pasalnya, nomor mix adalah andalan Sumsel yang digadang-gadang sejak awal.

“Besok (16/9) kita turun di mix, itu nomor andalan kita. Dan lusanya adalah catur cepat. Itu peluang yang kita tunggu yaitu catur cepat di nomor mix. mudah-mudahan bisa dapat emas,” harapnya.

Sementara itu dikatakan Alivia Novyansari, salah satu pecatur putri yang berhasil memecahkan medali untuk kontingen Sumsel mengaku bangga atas hasil sementara ini. Namun demikian, dirinya masih akan turun di nomor mix bersama Kasmiran CS. Sehingga kemungkinan medali bisa meningkat lewat duel andalan di nomor mix.

“Awalnya memang sulit, karena kecepatan. Apalagi Jabar tuan rumah, tapi syukur bisa ngalahin Jabar,” pungkasnya. (korankito.com/resha)