COD Dengan Polisi, Pencuri Helm Diciduk

img_20160915_140517

Palembang – Jajaran Satreskrim Polsekta Seberang Ulu (SU) I Palembang, berhasil mengamankan pelaku pencurian helm terhadap Lukas Nuh (16) warga Jalan Ratna, Lorong Atum, RT 23, Kelurahan 29 Ilir, Kecamatan Ilir Barat (IB) I Palembang, Rabu (14/9) sekitar pukul 17:00 WIB.

Adapun pelaku yang diamankan yakni, Yudi Saputra (19) warga kawasan Jalan Meranti, Lorong Swadaya, RT 30, RW 07, Kelurahan Kemas Rindo, Kecamatan Kertapati Palembang. Kini, untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku mendekam di sel tahan Mapolsekta SU I Palembang.

Pelaku ditangkap, setelah korban melihat helm miliknya di jual melalui Online Shoping (OL Shop) OLX. Lalu, korban bersama anggota kepolisian SU I mengajak ketemuan (COD) dengan pelaku yang akan menjual helm tersebut. Saat, bertransaksi itulah Yudi ditangkap tim Buser SU I Palembang.

Berdasarkan data yang dihimpun, aksi pencurian yang dilakukan Yudi bermula saat Lukas memakirkan sepeda motornya di depan Kantin Ersa yang terletak di Komplek Jakabaring Sport city (JSC) Palembang, pada Senin (12/9) sekitar pukul 16:00 WIB.

Lalu, korban menaruh helmnya tepat di atas sepeda motornya. Kemudian, korban bersama temannya berkeliling di taman belakang kantin tersebut. Saat Lukas hendak pulang kerumah, betapa terkejutnya ia melihat dua helm miliknya sudah raib dibawa oleh pencuri.

Beberapa hari kemudian, korban iseng-iseng membuka OL Shoop OLX untuk membeli helm baru. Namun saat itu, ia melihat dua helm miliknya dijual oleh pelaku. Korban pun akhirnya melaporkan peristiwa kehilangan helm ke Mapolsekta SU I Palembang.

Bersama anggota Kepolisan SU I Palembang, korban mengajak Yudi bertemuan di SPBU depan Pusat Perbelanjaan OPI Mall, Jalan H A. Bastari, Kelurahan 15 Ulu, Kecamatan SU I Palembang, berpura-pura ingin membeli helm tersebut. Saat bertransaksi itulah, pelaku diamankan.

Kabag Ops Polresta Palembang, Kompol Andi Kumara mengatakan saat ini tersangka sudah diamankan di Mapolsek SU I Palembang untuk dimintai keterangan lebih lanjut, guna mengetahui sudah berapa kali tersangka melakukan aksi pencurian helm tersebut.

“Pelaku sudah diamankan di Polsek SU I Palembang, untuk dimintai keterangan. Berdasarkan pengakuan pelaku, baru sekali tapi itu akan terus kita selidiki, apakah ada korban-korban lainnya,” ujarnya saat dimintai konfirmasi, Kamis (15/9) siang.

Tersangka Yudi, akan dikenakan pasal 362 KUHP dengan ancaman kurungan diatas 5 tahun penjara. “Untuk barang butki, kita amankan dua unit helm merk KYT warna hitam dan merah milik korban yang diambil oleh pelaku, kita akan terus dalami kasus ini,” tututpnya. (korankito.com/denny)